SUARA USU
Kabar Kampus

Pelantikan Pengurus Baru IMAHARA, Ketua Umum Baru Harapkan Kolaborasi dan Terobosan Baru untuk Kebermanfaatan

Oleh : Margareta Tonggilan Sitanggang

Suara USU, MEDAN. Sekretaris Departemen Hukum Administrasi Negara Erna Herlinda resmi melantik Ikatan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (IMAHARA) Fakultas Hukum USU periode 2021-2022.

Pelantikan berlangsung melalui platform zoom meeting pada Selasa, (25/05/2021). Rangkaian acara pelantikan dimulai pukul 17.00 WIB dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) masa jabatan 2020-2021 dan dilanjutkan pukul 19.30 WIB dengan Pelantikan Kepengurusan Baru 2021-2022 yang dipandu oleh MC Sherly Tjiatawi.

Dios Lumbangaol Ketua Demisioner IMAHARA FH USU menyampaikan apresiasi dan arahan diawal acara. Ia menyampaikan kerjasama antara pejabat fakultas dan mahasiswa harus kuat. Mewujudkan kerjasama yang baik antara ikatan-ikatan mahasiswa, organisasi internal maupun eksternal diindahkan sebagai catatan tambahan bagi Dekan yang beberapa pekan lalu baru saja dilantik. Tak lupa pula dengan harapan di kepengurusan yang baru ini.

“Pengurus baru harus dapat lebih baik lagi dalam melaksanakan program kerja, kerjasama antara fakultas dan sesama pengurus itu dijaga. Saya ucapkan selamat bekerja”, tutur Dios.

Dalam kesempatan yang sama, mewakili Ketua Departemen Hukum Administrasi Negara Agusmidah yang berhalangan hadir, Erna Herlinda menyampaikan harapan bagi kepengurusan yang baru ini.

“Lewat kepengurusan yang baru ini, semoga dapat merintis apa yang sudah dilakukan kepengurusan sebelumnya agar semakin baik dan IMAHARA lebih dikenal”, sambung Erna selaku Sekretaris Departemen Hukum Administrasi Negara.

Turut hadir pula Dekan Fakultas Hukum USU Mahmul Siregar. Diawal sambutannya ia menyampaikan hal sama dengan Dios. Para pengurus IMAHARA yang baru harus mampu bekerjasama dan kolaborasi melalui berbagai kegiatan-kegiatan serta program kerja yang telah disusun oleh pengurus.

“Esensi dari berorganisasi adalah melaksanakan amanah yaitu dengan melayani. Lebih mengedepankan servant leadership yang bisa melayani saudara-saudara yang lain dan saling membantu”, ucap Mahmul.

Mahmul juga menyempatkan diri untuk menyampaikan situasi baru yang dihadapi kampus, ditambah lagi dengan ia yang beberapa pekan lalu mendapatkan mandat sebagai Dekan yang baru.

“Indikator kinerja yang dibebankan saat ini berbeda dengan indikator pencapaian sebelumnya. Bagaimana mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan bagaimana mempersiapkan tahap-tahap internasionalisasi. Hal ini juga tidak bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan mahasiswa pastinya”, kata Mahmul.

Tak berhenti sampai disitu, mahmul juga menyebutkan hal yang menjadi sasaran MBKM  yakni menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan bukan hanya sebatas teoritis namun analisis dan praktisi untuk bisa bersaing.

“Fokus perhatiannya adalah  mahasiswa. IMAHARA juga mampu mewujudkan capaian yang saya sebutkan di atas, yaitu dengan beroganisasi”, tambah Mahmul.

Mahmul juga menjanjikan bahwa fakultas dan departemen akan selalu mendukung IMAHARA selama kegiatan itu positif.

“IMAHARA bisa saling berkolaborasi dengan progam-progam fakultas. Kami berharap bisa membuat progam-progam yang inovatif dan kita akan memberikan dukungan kepada kegiatan ikatan-ikatan mahasiswa departemen di lingkungan USU”, tutur Mahmul.

Selain itu, menurut Mahmul, walaupun IMAHARA sangat terbatas jumlahnya pengurus harus paham membaca situasi dan kondisi yang terjadi. Hukum Administrasi Negara bukan ilmu statis yang selama ini dianggap banyak orang. IMAHARA diharapakan menjadi pelopor yang menepis statement tersebut dan dengat geliat memperkenalkan HAN agar orang semakin mengerti bahwa pentingnya Hukum Administrasi Negara.

“Pengurus harus bisa seperti jarum jam, tetap berputar apapun yang terjadi ia akan tetap bergerak. Oleh karena itu, bergeraklah terus”, tutup Mahmul.

Setelah mendengar beberapa arahan yang disampaikan tamu undangan, tibalah pada inti acara pelantikan. Dengan tegas dan lugas, Erna Herlinda mewakili Ketua Departemen HAN membacakan SK kepengurusan dan langsung melantik pengurus yang baru Periode 2021-2022.

Turut merasakan kebahagiaan, wajah baru IMAHARA FH USU saat ini dipimpin oleh ketua terpilih, Marihod Tua Lubis. Dalam sambutannya ia juga menyampaikan apresiasi kepada para pengurus terpilih yang akan menjadi keluarga baru bagi IMAHARA.

Harapan dan doa juga turut disampaikannya kepada kepengurusan yang baru ini.

“Sama dan selaras dengan harapan bapak-ibu dosen dan kakak-abang demisioner, supaya kita bisa berkolaborasi. Kami juga berharap bimbingan dan dukungannya. Kami disini juga masih belajar. Kami percaya bahwa kita semua bisa bekerjasama dengan baik. Semoga bisa bekerjasama, bisa saling dekat, saling melayani untuk membuat terobosan baru dan hal-hal yang bermanfat bagi kita dan banyak orang”, tutup Marihod dalam kata sambutannya.

Sebagai bentuk rasa syukur atas kelancaran dan keberkahan pelantikan kali ini, acara ditutup dengan doa penutup yang disampaikan oleh Subhana Kurniawan.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Junjung Kepedulian, PEMA Fasilkom-TI Adakan Bakti Sosial ke Panti Asuhan!

redaksi

Evaluasi Kinerja 2 Tahun Jokowi Ma’ruf Amin, BEM SI Sumbagut Gelar Aksi

redaksi

Sosialisasi Beasiswa LPDP: Siapkan Amunisi Terbaik

redaksi