SUARA USU
Kabar Kampus

PEMA FKG USU Sukses Adakan Pelatihan Nasional DPDs

Reporter : Cory Patricia

Suara USU, Medan. Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi USU adakan pelatihan nasional lewat event DPDs. Kegiatan ini diadakan sebanyak 3 sesi selama 2 hari yang dimulai dari 21 hingga 22 Mei 2022.

DPDs (Development of Potential Dental Student) FKG USU ialah sebuah pelatihan yang bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan pengetahuan, softskill, dan hardskill dari mahasiswa/i FKG se-Indonesia.

Di hari pertama, event DPDs menghadirkan dua narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Prof. Sondang Pintauli,drg,.P.hD selaku Ketua Prodi S2/S3 Ilmu Kedokteran Gigi FKG USU dan drg. Ricca Chairunnisa Sp. Pros(K) yang merupakan reviewer di jurnal nasional terakreditasi yakni Dental Jurnal Majalah Kedokteran Gigi (Terindeks Scopus) dan Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students (Terindeks Sinta 3).

Sesi pertama diadakan pada pukul 08.30 – 11.30 WIB membahas tentang karya tulis ilmiah dengan mengusung tema How to Make a Great Scientific Writing. Prof. Sondang Pintauli, drg,.P.hD selaku narasumber pada sesi ini menjelaskan bahwa ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penulisan ilmiah yakni menulis berarti mengonstruksi sehingga melibatkan proses rekonstruksi yang berkelanjutan dan menulis berbeda dengan cara berbicara namun sama dengan cara berfikir. Prof. Sondang juga menjabarkan tahapan menulis karya ilmiah.

Tahapan penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut :

Menentukan tema/Gagasan Kreatif

Merumuskan ide pokok → outline

Membuat draft tulisan

Evaluasi/Finalisasi Tulisan

Jika sesi pertama membahas seputar penulisan karya ilmiah, sesi kedua memberikan materi yang berbeda yaitu pembahasan seputar Essay dengan mengusung tema Let’s Make Essay to be Easy. drg. Ricca Chairunnisa Sp. Pros(K) selaku narasumber di sesi ini menjelaskan ketentuan yang harus diperhatikan dalam menulis esai.

“Dalam menulis esai, naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran atau mengambil karya yang sudah ada, penulisan esai menekankan pada aspek orisinilitas pemikiran. Isi esai harus sesuai dengan tema dan terdiri dari 3 bagian yaitu pembuka, argumen, dan kesimpulan,” ungkap Ricca.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab, pelatihan dalam menulis KTI & essay yang dilakukan oleh para peserta yang hadir, dan foto bersama untuk dokumentasi.

 

Redaktur : Lita Amalia


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dua Kali Dinobatkan Menjadi Mawapres I Fakultas, Muhammad Rafli Berhasil Sabet Gelar Mawapres Utama USU 2022

redaksi

IMPM USU Adakan Galang Dana Peduli Korban Gunung Semeru

redaksi

Kilas Balik Peristiwa Isra’ Mi’raj, Solidas USU Turut Peringati Hari Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H

redaksi