Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Entertaiment

Pemanfaatan Instagram Untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen Selama Pademi

Pandemi COVID-19 yang memberikan banyak dampak di segala aspek kehidupan manusia. Banyak aktivitas yang terganggu karena diharuskannya menjaga jarak yang berakibat pembatasan-pembatasan interaksi untuk bersosial dan berkegiatan. Hal ini dilakukan agar bisa menekan angkat peningkatan jumlah orang yang terinfeksi virus. Secara tidak langsung banyak kegiatan yang dialihkan untuk dilakukan secara digital, seperti belajar daring, belanja online, begitupun kegiatan bisnis. 

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada bisnis dari berbagai sektor membuat bisnis menjadi lesu. Banyak bisnis yang mengalami kerugian, omset yang menurun bahkan sampai mengalami kebangkrutan akibat pandemic ini. Dampak pandemi ini tidak terlalu dirasakan oleh Kembar Ponsel yang berlokasi di Jalan S.M Raja No.200 Medan. Bisnis yang dirintis oleh Syaifullah ini tak pernah ada keluhan penurunan omset yang sangat drastis. Karena strategi pemasaran yang digunakan Kembar Ponsel sangat baik. 

Kembar Ponsel Medan fokus kepada strategi pemasaran mereka dengan menggunakan digital marketing sebagai alat strateginya. Digital marketing dianggap mampu untuk menjangkau konsumen karena saat ini masyarakat sudah cukup melek akan teknologi yang telah berkembang sangat pesat serta dunia digital diprediksi akan menjadi poin krusial bagi seluruh aktivitas manusia termasuk aktivitas bisnis khususnya dalam memasarkan produk untuk meningkatkan penjualan

Digital marketing dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Alat dan strategi berkomunikasi dengan konsumen mengalami perubahan signifikan berkat kehadiran media sosial. Media sosial mencerminkan berbagai sumber baru informasi online yang diciptakan, diinisiasikan, disirkulasikan, dan digunakan oleh konsumen dengan tujuan untuk saling mengedukasi tentang produk, merek, jasa, kepribadian, dan isu yang relevan.

Ada banyak social media marketing yang populer dikalangan masyarakat, salah satunya adalah dengan menggunakan Instagram. Melalui Instagram, para pebisnis bisa membagikan foto dan video yang dapat diisi dengan link, keterangan, tag dan hastag sehingga mempermudah calon konsumen untuk menemukan postingan produk mereka. Instagram juga menawarkan fasilitas untuk membuka akun bisnis khusus untuk para pebisnis. 

Promosi di Media Sosial

Marketing via media sosial ini memang menjadi fokus utama banyak bisnis di dunia, bahkan sebelum COVID-19 menyerang strategi marketing di sosial media ini sudah diterapkan. Strategi tersebut juga digunakan Ada empat strategi promosi yang bisa dilakukan melalui penggunaan Instagram, yakni:

  1. Melakukan pemasaran via media sosial Instagram dibarengi dengan penawaran-penawaran menarik serta promo bulanan dalam jangka waktu tertentu.
  2. Melakukan branding produk smartphone, laptop, aksesoris, dan juga menawarkan jasa service handphone dan laptop tersebut.
  3. Memberikan informasi seputar teknologi yang berguna bagi konsumen
  4. Membangun rasa percaya calon konsumen dengan menampilkan testimoni dari konsumen yang pernah melakukan transaksi di Kembar Ponsel.

Tim penulis:

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Dosen Mahasiswa FISIP USU Bapak Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah Strategi dan Kebijakan Pemasaran.

Fitri Rahmanisa               (170907055)

Ananda Dian Pratiwi       (170907059)

Ferel Aurilya                     (170907070)

Mikha Sevterina G          (170907091)

Muhammad Yasir H       (170907095)

Rizky Muhammad Alif   (170907108)

 

Related posts

7 Rekomendasi Drama Korea Buat Sobat Kampus Pada Saat Social Distancing

redaksi

Kepergian Lionel Messi: Murni Taktis atau Strategi Bisnis?

redaksi

Sebelas Patriot: Tentang Sepak Bola dan Patriotisme

redaksi