SUARA USU
Kabar Kampus

PEMKO Medan Berhasil Adakan Program Mudik Gratis!

Reporter: Valeshia Trevana, Salsabila Rania Balqis, Monika Manalu

Suara USU, Medan. Pemko Medan telah memberangkatkan peserta Mudik Bareng Pemko Medan di hari pertama pada Jumat, (29/04) bertempat di Merdeka Walk. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari 29 April hingga 1 Mei 2022.

Pemko Medan akan memberangkatkan para peserta mudik yang total keseluruhannya berjumlah 3.491 peserta dengan 125 armada.

“Kali ini kegiatan kita adalah mudik bersama pemerintah Kota Medan. Sepeti yang dikatakan oleh Bapeda, kegiatan mudik gratis ini tidak menggunakan APBD Kota Medan sama sekali,” ucap Bobby Walikota Medan dalam kata sambutannya.

Kegiatan ini murni kerjasama pemerintah Kota Medan dengan OPD dan juga stake holder atau para pelaku usaha industri kota Medan, Walikota Medan, Sekretaris Daerah, peserta mudik serta PT Bank SUMUT yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Wiriya Alrahman, selaku Sekretaris Daerah Medan, menjelaskan bahwa mudik bersama gratis ini dipersiapkan dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu, mulai dari persiapan bus yang paling utama. Kemudian pengumuman dan sosialisasinya pada masyarakat.

Selaras dengan Bobby, Wiriya juga berharap agar selama program mudik bersama Pemko Medan ini berjalan, para peserta tetap menjaga protokol kesehatan. Keduanya berharap kasus Covid tidak meningkat setelah Idul Fitri.

Sebelum memutuskan program ini, Pemko Medan memperhatikan bahwa masyarakat kota Medan sudah lama tidak pulang kampung karena pandemi Covid-19.

“Kita tidak tau kapan covid ini melandai sehingga program ini tidak termasuk dalam APBD, maka program ini murni bantuan dri CSA, bantuan dari pelaku usaha yang ada di kota Medan,” tegas Pemko Medan.

Selain itu, Pemko Medan khawatir akan terjadi kemacetan dikarenakan arus mudik sehingga mereka memberi fasilitas mudik gratis kepada masyarakat.

Bank Sumut juga turut andil dalam program Mudik Bareng ini. Rahmat Fadilah Pohan, Direktur Utama Bank Sumut mengatakan mereka juga harus ikut berpartisipasi dengan menyediakan 15 bus untuk program tersebut.

“Tentunya kami Bank Sumut, Bank nya seluruh masyarakat Sumatera Utara. Pemilik dari bank Sumut adalah seluruh pemerintah di Sumut, termasuk Pemko Medan. Maka dengan adanya gagasan mudik gratis, tentunya kami harus ikut berpartisipasi sehingga kami tidak tanggung-tanggung menyediakan 15 bus untuk program Pemko Medan ini”, tuturnya.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Gamadiksi USU dan Nakhoda Barunya

redaksi

IYD Sumatera Utara Adakan Talkshow, Kolaborasi Bersama ILSA USU

redaksi

Kolaborasi Penerapan Therapeutic Community (TC) dan Narcotic Anonymous (NA) sebagai Metode Efektif dalam Proses Pemulihan Residen di Yayasan Rehabilitasi Narkoba Mutiara Abadi Binjai, Provinsi Sumatera Utara

redaksi