SUARA USU
Kabar Kampus

Penantian Panjang Rekrutment Calon Anggota Satuan Tugas (SATGAS) PPKS USU

Reporter: Novia Kirana

Suara USU, Medan. Pada 1 April 2022 berdasarkan surat edaran No. 4633/UN5.1.R/SDM2022 Universitas Sumatera Utara melakukan rekrutmen terbuka untuk calon Panitia Seleksi Pencegahan dan Penanganan di Lingkungan Perguruan Tinggi. Rekrutmen ini dibuka sebagai dukungan atas Penerapan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Perguruan Tinggi. Rektor USU, Muryanto Amin tegaskan bahwa USU akan mendukung sepenuhnya atas Permendikbud tersebut. Menurut Muryanto Amin, dengan adanya Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021, maka ada standar ukuran yang jelas untuk melindungi mahasiswa dari kekerasan seksual.

USU yang hal ini diwajahi oleh Muryanto Amin menyebutkan bahwa sebelum adanya Permendikbudristek PPKS, regulasi dalam penetrasi kekerasan masih mengambang, ia juga menetapkan bahwa satuan tugas segera membentuk untuk isi dari Permendikbudristek PPKS dan disinyalir untuk menghilangkan kekerasan seksual di lingkungan Universitas Sumatera Utara . Awal dari pengimplementasian ini adalah dibukanya rekrutmen untuk para calon panitia seleksi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.Tepat pada 04 Juli 2022, Universitas Sumatera Utara melalui surat No.8852/UN5.1.R2.SDM/2022 mengpublikasikan hasil akhir calon panitia seleksi satuan tugas Pencegahan Kekerasan (PPKS) USU tahun 2022, dimana ada 11 Nama terlampir yang terdiri dari dosen , tenaga pendidik serta mahasiswa yang dinyatakan lulus sebagai panitia seleksi penanganan dan pencegahan kekerasan seksual USU.

Meskipun dinilai lama, namun kabar baik akan terbit pada 18 Agustus 2022 sesuai dengan surat edaran Nomor 1/Pansel PPKS-USU/2022 Perihal Rekrutmen Calon Anggota Satuan Tugas (SATGAS) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (PPKS) di Lingkungan Universitas Sumatera Utara Tahun 2022 Kelanjutan dari Panitia Seleksi (PANSEL) PPKS USU, satgas selanjutnya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat USU. Karena panitia memilih tugas utama untuk melantik serta mengawasi satgas yang akan terbentuk, maka tugas utama satgas nantinya adalah garda utama Penanganan serta Pencegahan di Lingkungan USU, yang dapat kita pahami setelah satgas PPKS terbentuk maka kita harus terkait serta jika ada dugaan seksual.

Untuk Sobat Suara USU yang tertarik untuk mendaftarkan diri bisa melihat syarat dan ketentuan pada link berikut: https://bit.ly/PPKSUSU2022

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mendikbud: Semester Depan Kuliah Dimulai Agustus, Namun Masih Online

redaksi

Bazar Entrepreneur FKG USU, Berjualan dan Memperkenalkan Usaha ke Masyarakat

redaksi

78 Anggota Baru SGC Diharapkan Pantang Menyerah Terhadap Kegagalan

redaksi