SUARA USU
Featured

Penerapan Budaya Organisasi pada Usaha Sentaku Laundry

Oleh : Siti Haliza

Suara USU, Medan. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Dosen Mahasiswa FISIP USU Bang Nana Dyki Dirbawanto, SE, M. AB sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah Budaya Organisasi.

Budaya organisasi sebagai karakteristik pada suatu organisasi untuk kemudian menjadi pedoman bagi organisasi dengan cara yang membedakannya dengan organisasi lain. Budaya organisasi melibatkan sekumpulan pengalaman, harapan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yang kemudian tercermin dalam perilaku anggota, filosofi, pengamalan, pekerjaan internal, interaksi dengan lingkungan luar organisasi, hingga harapan-harapannya untuk masa depan.

Fungsi budaya organisasi diantaranya mempermudah manajemen dalam membuat laporan analisis dan evaluasi terhadap kinerja perusahaan atau bisnis. Berikut beberapa penjelasan mengenai fungsi budaya organisasi bagi kelangsungan bisnis :

  1. Mendapatkan Berbagai Informasi
  2. Membantu Pencapaian Suatu Target
  3. Kembangkan Keahlian Public Speaking
  4. Melatih Jiwa Kepemimpinan
  5. Memudahkan dalam Penentuan Tugas Karyawan
  6. Meningkatkan Semangat Kerja
  7. Mempermudah Perhitungan Gaji

Usaha laundry merupakan salah satu bentuk usaha yang cukup menjanjikan. Di era serba cepat kebutuhan manusia akan waktu sangat diperlukan keefektifan kita mengelola dan memanejemen semua aktivitas rumah tangga membuat masyarakat ingin serba praktis ,misalnya aktivitas sehari-hari seperti mencuci baju ,tidak semua menyempatkan diri untuk mencuci, apalagi khususnya karyawan atau buruh pabrik yang kerjanya terkadang melelahkan  membuat mereka enggan untuk mencuci dan lebih mempercayakannya kepada jasa tukang cuci atau pengusaha laundry dengan alasan menghemat waktu dan agar lebih berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci, Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan, banyak karyawan, dan ibu rumah tangga, yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan, serta Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry, dan trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Di Sentaku Laundry menyediakan layanan 1 day servis atau yang biasa disebut laundry ekspres, memberikan pelayanan maksimal dalam mencuci dua hari jadi. Proses mencuci menggunakan mesin yang terpercaya serta bahan-bahan seperti deterjen dan softener yang sesuai dengan standar mutu. Ada juga beberapa pilihan pewangi atau parfum yang dapat dipilih sendiri oleh konsumen, karena selera tiap konsumen pasti berbeda-beda. Memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan, Inovatif dalam menghadirkan keseharian yang nyaman dan bersih dengan melalui pelayanan yang kreatif, menyelesaikan jasa tepat waktu dan rapi, menyediakan jasa full delivery service atau biasa disebut layanan antar jemput dan menerapkan budaya jujur guna untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Karena tujuan dari didirikannya Sentaku laundry adalah untuk merintis wirausaha laundry sebagai fasilitas untuk masyarakat khususnya karyawan dan ibu rumah tangga dalam mengefektifkan dan memanajemen waktu sehari – hari.

Usaha laundry akan sukses ketika menerapkan manajemen dan budaya jujur serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan akan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu menghadapi persaingan bebas dan juga dapat lebih cepat mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi. Terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya tempat penunjang kebutuhan sehari hari seperti usaha laundry ini. Dengan adanya usaha laundry juga akan menghadirkan gaya hidup bersih dan rapi dalam berpakaian.

Hasil Observasi Siti Haliza (180907049)

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menumbuhkan Sikap Adil di dalam Lingkungan Hidup

redaksi

Efektivitas Mantan Pecandu Sebagai Konselor dalam Kegiatan Rehabilitasi Narkoba di Yayasan Panti Rehab Amelia, Kabupaten Serdang Bedagai

redaksi

Peranan Masyarakat dalam Persatuan dan Kesatuan di Indonesia

redaksi