SUARA USU
Kabar Kampus

Penutupan PKKMB USU 2023 dengan Gebyar Literasi Nusantara

Reporter: Siti Annisa/Tamara Ceria

Suara USU, Medan. Rangkaian PKKMB Universitas Sumatera Utara Tahun 2023 secara resmi telah ditutup di Stadion Mini USU pada Minggu, (20/08). Dengan mengusung tema Gebyar Literasi Nusantara dalam Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si., selaku rektor Universitas Sumatera Utara mengatakan PKKMB USU 2023 ini dilaksanakan selama 3 hari ini dengan jumlah peserta 7924 orang. Universitas Sumatera Utara yang bekerja sama dengan KPI dalam hal ini bertujuan memberi pengertian literasi kepada anak-anak muda generasi Bangsa.

“USU bekerja sama dengan KPI untuk terus-menerus tanpa henti dan tanpa bosan. Memberikan pengertian literasi kepada anak-anak muda generasi muda yang akan segera mengambil alih tongkat estafet seluruh kepemimpinan yang ada di Indonesia ini bahkan dunia,” ungkap Muryanto Amin selaku Rektor Universitas Sumatera Utara.

Ubaidillah Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjelaskan data per bulan Februari, Indonesia masih berada pada angka 62% tingkat literasinya. Hal tersebut menempatkan Indonesia di bawah negara-negara ASEAN lainnya.

Ia juga mengatakan keterbukaan akses masyarakat untuk mendapatkan Informasi menjadi hal yang baik. Tetapi semakin banyaknya informasi yang didapatkan, juga bisa berdampak negatif.

“Akurasi Informasi di Sosial Media sukar di validasi. Akibatnya, pengguna sosial media bisa latah, gampang tersinggung, dan tergiring yang akibatnya pada kehidupan kita sebagai bangsa, tercerai-berai,” tutur Ubaidillah.

Kegiatan ini dimulai dengan jalan sehat, kemudian penampilan hiburan. Pada kegiatan ini juga turut hadir Ketua Komisi Penyiaran Indonesia dan Ketua Komisi I DPR RI.

Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID), memberikan penghargaan berupa Piala, medali, dan piagam kepada KPI Pusat atas prestasi Pemrakarsa Rekor Literasi Digital Penyiaran dengan peserta terbanyak di Indonesia yaitu 10.000 peserta. USU atas prestasi Pendukung Penyelenggara Rekor Literasi Digital Penyiaran dengan peserta terbanyak. Lidan Meutya Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI, atas prestasi Tokoh Penggerak Literasi Digital Penyiaran.

Kegiatan PKKMB USU 2023 resmi ditutup dengan launching logo Dies Natalis USU ke-71. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Special Guest ke-1, Indra Jegel dengan Stand up Comedy sekaligus moderator Talkshow Gebyar Literasi Nusantara.

Kegiatan dilanjut dengan penampilan mozaik tiap fakultas di USU. Dimulai dari Fakultas ISIP, Teknik, Kedokteran Gigi, MIPA, Ekonomi dan Bisnis, Farmasi, Kedokteran, Psikologi, Pertanian, Ilkom-TI, Hukum, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Budaya, Keperawatan, Vokasi, dan Kehutanan.

Penutup kegiatan dengan penampilan dari Special Guest ke-2, Endah n Rhesa sekaligus pembagian lucky draw.

 

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Penerimaan Pajak Restoran Kota Medan Selama Pandemi Covid-19

redaksi

Angkat Unsur Bioteknologi, Delegasi USU Raih Juara 1 Pada LKTIN UNSIL

redaksi

Terpilih Dua Periode, Ini Harapan Baru Ketua KSEI FoSEI USU

redaksi