SUARA USU
Kabar Kampus

Perdana, HMJ Sastra Arab Sukses Luncurkan IMBA TV

Reporter : Agus Nurbillah/Lita Amalia


Suara USU, MEDAN.
Ikatan Mahasiswa Sastra Arab (IMBA) sukses adakan launching dan pelantikan IMBA TV periode 2022-2023 (7/4). Peresmian yang diadakan secara hybrid tersebut turut dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya, Ketua dan Sekretaris Prodi Sastra Arab, Presiden Mahasiswa USU, Ketua Umum IMBA serta Alumni prodi Sastra Arab.

Untuk pertama kalinya, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Arab membuat program IMBA TV. Hal ini mendapatkan banyak dukungan dan apresiasi dari Ketua Prodi Sastra Arab sendiri.

Nursukma Suri selaku ketua prodi Sastra Arab dalam kata sambutannya menyampaikan pesannya kepada pengurus yang dilantik, semoga dengan adanya semangat IMBA TV ini bukan menjadi awal dan akhir, tetapi semangat yang selalu menggebu di awal maupun akhir.

“Prodi Sastra Arab selalu mendukung dan siap membantu baik bantuan moril maupun materil untuk memajukan prodi maupun fakultas, dengan catatan ini menjadi ladang pekerjaan yang baru bagi mahasiswa, bukan semata menggunakan Bahasa Inggris saja, tetapi juga mengedepankan Lughotil Arabiyah.” tegas Nursukma.

Selain itu, Ketua Prodi Sastra Arab juga menambahkan bahwa mahasiswa tidak bisa bekerja sesukanya sendiri, dalam artian tindakan yang berpengaruh adalah tindakan yang dilakukan secara bersama dan bersinergis sehingga dapat terkendali. Wadah IMBA TV ini tidak hanya eksklusif terhadap prodi sasrab, tetapi bisa merambah ke prodi lain.

Mauly Purba, wakil dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada IMBA TV. Ia menyebut bahwa dengan adanya IMBA TV ini memberikan sinyal semangat yang menggelora kepada mahasiswa untuk kembali menciptakan ekosistem akademik yang kreatif dan inovatif serta mampu meningkatkan prestasi dalam menghadapi arus informasi dan globalisasi yang semakin deras di era 5.0 saat ini.

“Saya ucapkan selamat atas lahirnya IMBA TV dengan tagline inspirasi dan informasi, ini menjadi hal yang baru di fakultas kita,” tutur Mauly.

Di acara peresmian IMBA TV ini, presiden mahasiswa USU Muhammad Rizki Fadillah turut memberikan sambutannya. Dirinya mengatakan di era digital saat ini banyak organisasi yang tidak dapat bertahan, apalagi sedang di masa Covid. Selain itu, perlunya meningkatkan relasi dan komparasi dengan pihak lain di USU, supaya mengetahui standar diri masing-masing. Ia berharap semoga UKM atau organisasi yang ada di USU bisa menjalin kemitraan dengan banyak pihak.

“Apresiasi untuk IMBA TV, banyak tantangan yang perlu dihadapi, organisasi ini menjadi organisasi prematur, kuncinya ada 2 yakni menjadi organisasi cerdas atau cacat, itu semua tergantung pengurus,” ujar Rizki.

IMBA TV berawal dari niat mahasiswa Sastra Arab sendiri yang sejak tahun lalu sudah direncanakan, tetapi belum ada yang bisa melaksanakan dan mendorong kegiatan ini. HMJ Sastra Arab dengan saran dari alumni, mengambil tindakan cepat agar IMBA TV dapat berjalan.

“IMBA TV ini menjadi ruang bagi para mahasiswa untuk menyalurkan ide mereka, terlebih ada mahasiswa yang memiliki pengalaman di Suara USU dengan pemahaman jurnalistiknya, saya sebagai alumni hanya bisa membantu memotivasi adik-adik mahasiswa Sastra Arab untuk bisa mencetak satu sejarah ini,” ucap Faddah, salah satu alumni IMBA.

Ketua umum IMBA Rayendra Kusuma Pane mengucapkan terimakasih kepada pengurus IMBA TV yang telah dilantiknya, dengan harapan IMBA TV dapat menjadi media yang mampu menyajikan berbagai macam informasi, serta dapat menunjukkan bakat dan karya mahasiswa Sastra Arab maupun mahasiswa lainnya.

“Kami selaku panitia berharap dengan dilantiknya pengurus IMBA TV secara perdana ini bisa amanah dan melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar Imroatul selaku ketua panitia.

Redaktur : Salsabila Rania Balqish


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Vakum Selama 4 Tahun, Porseni FISIP USU Kembali Digelar!

redaksi

Mengenal Ciri Organisasi Yang Sehat

redaksi

USU Sukses Adakan Bedah Buku Biografi Menteri BUMN

redaksi