SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Pergelaran Seni Budaya Simalungun, Melek Budaya Ala IMAS USU

Oleh : Posma Uhur Purba, dkk.

IMAS USU sukses melaksanakan Pergelaran Seni Budaya Simalungun (PSBS) 2022 di Huta Bandar Tongah, Nagori Pardomuan Tongah, Kec. Silou Kahean, Kab. Simalungun, Prov. Sumatera Utara. Kegiatan pementasan yang dilaksanakan ini menampilkan berbagai kebudayaan, mulai dari tarian, opera, film, dan musik dengan mengusung tajuk “Paratah-ratahkon Ha Simalungun On” (28/5).

Ikatan mahasiswa Simalungun Universitas Sumatera Utara (IMAS-USU) adalah organisasi kedaerahan yang beranggotakan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang berasal dari Simalungun. Organisasi ini lahir pada tanggal 10 November 2002 dengan motto “Hiranan hu Tanoh Simalungun.” IMAS-USU memiliki tujuan untuk menciptakan pribadi yang tidak hanya cakap dalam intelektual, melainkan juga berkepribadian dalam kebudayaan. Dalam mengaplikasikan tujuan tersebut mahasiswa Simalungun tidak dapat memperolehnya secara langsung dari kampus, perlu berinteraksi dengan tokoh-tokoh budaya, orang tua yang telah mewariskan kebudayaan, pemerintah dan masyarakat luas.

Banyak yang tidak mengetahui budaya Simalungun di era modernisasi yang semakin pesat seperti sekarang ini, misalnya jenis-jenis tarian (tortor), alat-alat musik, sistem kekerabatan dan organisasi sosial dalam masyarakat Simalungun, opera-opera Simalungun, seniman-seniman Simalungun, dll. Pada dasarnya Tanah Simalungun sangat kaya dengan nilai budaya yang menarik untuk dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari namun dikarenakan modernisasi yang semakin besar, membuat masyarakat Simalungun terkusus kaum muda mulai lupa bahkan tidak tau tentang identitas mereka sendiri.

Dengan melihat kondisi tersebut, IMAS-USU melihat salah satu cara untuk menjawab kondisi tersebut adalah dengan membuat Pergelaran Seni dan Budaya Simalungun. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar budaya Simalungun tidak hilang tergerus oleh zaman dan tetap lestari di tengah-tengah masyarakat Simalungun. Selain ditujukan kepada masyarakat Simalungun, acara PSBS IMAS USU 2022 Ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Simalungun terhadap masyarakat luas yakni melalui pengadaan live streaming yang disiarkan langsung di Facebook IMAS-USU yang dibantu langsung oleh Dinas KOMINFO Pemerintahan Kabupaten Simalungun.

Adapun kegiatan yang ditampilkan pada acara PSBS IMAS USU 2022 yakni Tor-tor Sombah, Tortor kreasi yang dipadukan dengan Dihar simalungun, opera yang dipadukan dengan Taur-taur, film dokumenter pembuatan alat musik Takjulang, pertunjukan live music Simalungun, taklshow dengan pembicaraan yakni Fredy Purba dan Andhika Patrio, serta dimeriahkan oleh penampilan Jhon Elyaman Saragih, Tor-tor dari penampilan Sanggar Sayur Matua.

Selain itu, PSBS IMAS USU 2022 juga di hadiri oleh pemerintah setempat yakni camat Silau Kahean Bapak Rajaima Purba. Dirinya mengapresiasi kegiatan Pergelaran Seni Budaya Simalungun yang dilakukan oleh IMAS USU serta mendukung acara Pergelaran Seni Budaya Simalungun sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya Simalungun. Camat Silau Kahean tersebut juga berpesan kepada IMAS USU untuk tetap mengutamakan perkulian. Selain itu, Bapak Jokerman Sipayung selaku Pangulu desa Bandar Tongah turut hadir dalam pelaksanan acara ini. Beliau mengapresiasi dan mendukung kegiatan PSBS ini beliau berharap ke depannya semoga sukses dalam perkuliahan dan setelah lulus mendapat pekerjaan.

Dalam sambutannya, Mariando Purba Selaku koordinator umum IMAS-USU mengucapkan rasa  berterima kasih kepada masyarakat Kecamatan Silau Kahean dan seluruh hadirin melalui live streaming karena sudah menyambut organisasi IMAS-USU dalam pelaksanaan kegiatan ini dengan sangat meriah. Selain itu, beliau juga sedikit menjelaskan beberapa kegiatan yang biasa dilaksanakan oleh organisasi IMAS-USU setiap tahunnya. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: Pengabdian Masyarakat Desa (PMD), IMAS Peduli Pendidikan Simalungun (IPPS), IMAS Mengajar (IM), Perayaan Natal, Rekreasi; Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Rapat Rutin setiap Jumat, dan Pagelaran Seni dan Budaya Simalungun (PSBS). Semua kegiatan tersebut tentunya didukung oleh berbagai instansi negeri maupun swasta yang memiliki kerinduan dan mau bekerja sama dalam menyukseskan setiap kegiatan yang dilaksanakan IMAS-USU.

Pelaksanaan PSBS IMAS USU 2022 ini dapat berjalan dengan sukses berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Simalungun, Kantor Pos Indonesia, PT Bos, Sanggar Sayur Matua serta media partner dalam pelaksanaan PSBS IMAS USU yakni Explore_Siantar, Batak_Simalungun dan Halak_Simalungun.

Horas… Horas… Horas IMAS USU!

 

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pemira USU 2020: Dari Transparansi Dana, Hingga Target Paslon dan KPU

redaksi

IMPROSAJA USU Sukses Raih Antusiasme pada Seminar Administrasi Perpajakan Tahun 2023

redaksi

Pembatasan Listrik Gedung Pancasila dan Permasalahan Izinnya

redaksi