SUARA USU
Kabar Kampus

Periode Ke-III, USU Kembali Gelar Wisuda Secara Daring

Suara USU, Medan. Situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, mendorong USU kembali melakukan wisuda daring yang ditayangkan dalam Live Premiere Wisuda Universitas Sumatera Utara Periode III Tahun Akademik 2020/2021, pada Kamis (24/06). Namun dengan menimbang beberapa hal dan tetap menerapkan protokol kesehatan, prosesi wisuda juga dilakukan secara luring untuk sebagian.

Upacara wisuda daring ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dibuka langsung oleh rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.

“Dengan memohon rahmat Tuhan Yang Maha Esa, upacara wisuda daring lulusan Universitas Sumatera Utara periode ke-III tahun akademik 2020/2021 tanggal 24 Juni 2021, Saya nyatakan dibuka,” ucapnya diakhiri dengan ketukan palu.

Kehadiran Muryanto Amin pada pelaksanaan wisuda kali ini merupakan kali kedua sejak ia menjabat sebagai rektor USU pada Januari 2021. Dalam kata sambutannya, ia menyampaikan selamat dan harapannya kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

“Tak lupa kami sampaikan selamat kepada anak-anak kami para wisudawan dan wisudawati yang dilantik hari ini, yang telah menyelesaikan perkuliahannya dengan baik. Semoga ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan dapat menjadi bekal untuk memperoleh pekerjaan yang baik atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi,” harap Muryanto.

Wisuda hybrid kali ini diikuti sebanyak 2.401 peserta yang telah menyelesaikan studinya mulai Februari hingga Mei 2021, yang terdiri dari 941 wisudawan dan 1.460 wisudawati.

Lebih lanjut, Muryanto menyampaikan bahwa terdapat beberapa wisudawan dan wisudawati yang lulus dengan memperoleh predikat terpuji atau cumlaude. Di antaranya adalah sebanyak 10 orang untuk Program Doktor, 51 orang untuk Program Magister, 43 orang untuk Program Profesi, 277 orang untuk Program Sarjana, dan 3 orang untuk Program Diploma.

Beberapa mahasiswa S3 yang menuntaskan jenjang doktor di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah berhasil lulus meraih IPK sempurna, yaitu 4,00. Di antaranya adalah Putri Cahaya Situmorang, Hilda Ayu Marlina, Indri Dayana, dan Zikri Noer.

Di akhir kata, Muryanto kembali mengingatkan bahwa wisuda ini merupakan pijakan awal atau Emergency Point Starting. Proses pembelajaran juga tidak berhenti hanya sampai di tahap wisuda saja. Melainkan belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.

“Pesan kami kepada wisudawan dan wisudawati Universitas Sumatera Utara di mana pun berada dan mengabdi nantinya, menjalani profesi apa pun kelak, ingatlah satu hal bahwa proses pembelajaran tidak berhenti hanya sampai di tahap wisuda ini saja. Belajar terus-menerus di mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Ilmu dan pengalaman yang didapatkan akan membantu menemukan jalan menuju kesuksesan serta memberikan kebijaksanaan dalam menyikapi persoalan kehidupan masyarakat,” pesan Muryanto.

Rektor juga menambahkan agar para wisudawan dan wisudawati selalu menjaga nama baik almamater dan terus semangat dalam bekerja, berprestasi, dan berkarya.

“Tetaplah rendah hati dan ingatlah selalu untuk menyesuaikan tindakan dengan menjaga nama baik almamater yang kita cintai. Kami titipkan kebesaran nama Universitas Sumatera Utara di pundak Anda semua dan teruslah menjaga nyala api semangat dalam bekerja, berprestasi, dan berkarya,” tutur Muryanto.

Prosesi wisuda ditutup dengan pembacaan Tri Marga dengan diikuti seluruh wisudawan dan wisudawati dan dipimpin oleh wisudawan Fakultas Hukum, Anderson Peruzzi Simajuntak. Dilanjutkan dengan kata sambutan wisudawan yang diwakili oleh wisudawan Fakultas Kedokteran, Johan Samuel Sitanggang. Lalu, ditutup dengan pembacaan doa.

Sekali lagi, selamat wisuda! Jangan lupa bagikan momen kebahagiaan wisudamu dengan hashtag #WisudaUSU2021 dan mention ke Instagram @official.usu.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

USU Adakan Pelatihan Juru Sembelih Halal Di SUMUT

suarausu

Fakultas Farmasi USU Dukung E-Sport Sebagai Salah Satu Lomba pada Dies Natalis ke-52

redaksi

Kritisi Rektor, AMSU Gelar Webinar “Narkoba di USU, Salah Siapa?”

redaksi