SUARA USU
Kabar SUMUT

Pertama Kali Adakan Rekrutmen Terbuka Untuk Pihak Eksternal, Komunitas Sadar Sekitar Harapkan Pribadi yang Berkomitmen

Reporter: Fransiska Zebua

Suara USU, Medan. Sadar Sekitar merupakan komunitas masyarakat yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, kesehatan, lingkungan, kemanusiaan, advokasi dan pemberdayaan masyarakat, yang dibentuk pada tanggal 19 Maret 2022 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Tujuan awal terbentuknya komunitas ini adalah untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam finansial dan memerlukan bantuan secara fisik. Sadar Sekitar melakukan sebuah gerakan yang diinisiasi untuk berbagi informasi, edukasi, serta mengembangkan dan memfasilitasi warga sekitar untuk berkontribusi dalam mengembangkan Indonesia menjadi lebih baik.

Saat ini, Komunitas Sadar Sekitar tengah mengadakan rekrutmen terbuka untuk masyarakat yang memiliki komitmen untuk mengembangkan keterampilan diri. Kegiatan rekrutmen terbuka ini dilaksanakan selama satu minggu, mulai dari tanggal 30 Maret s/d 06 April 2023. Beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dimiliki dan dilaksanakan oleh para pendaftar seperti yang telah disampaikan oleh Anisya selaku salah satu penanggungjawab rekrutmen, yaitu sebagai berikut:

  1. Berdomisili di Kota Medan

  2. Berusia minimal 18 Tahun

  3. Berkomitmen untuk menjadi Pengurus selama 1 Tahun Kepengurusan

  4. Follow Instagram dan TikTok @sadarsekitar.idh

  5. Share postingan Open Recruitment (Slide 1) pada instastory

Adapun timeline pendaftaran rekrutmen terbuka dari Komunitas Sadar Sekitar ini seperti yang dipaparkan oleh Anisya, yaitu pendaftaran (30 Maret – 06 April), pengumuman seleksi administrasi (07 April), interview (08 April), dan pengumuman hasil akhir (09 April). Untuk flyer pendaftaran dapat dilihat pada akun instagram resmi Komunitas Sadar Sekitar di @sadarsekitar.id.

Anisya juga memaparkan beberapa benefit yang akan didapatkan oleh para pendaftar jika lolos dalam seleksi kepengurusan, yaitu:

  1. Terlibat langsung dalam berbagai proyek sosial

  2. Berkontribusi secara langsung untuk membangun Komunitas Sadar Sekitar

  3. Memperluas relasi dalam dunia volunteering dan networking

  4. Mendapatkan sertifikat keikutsertaan sebagai pengurus

Anisya mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya Komunitas Sadar Sekitar melakukan Open Recruitment pengurus dari pihak eksternal. Dulunya, pengurus yang mengabdi di Komunitas Sadar Sekitar merupakan volunteer yang sudah bergabung bersama Komunitas Sadar Sekitar dalam beberapa waktu.

“Harapannya agar teman-teman yang mendaftar dan nantinya lulus sebagai pengurus adalah orang-orang yang benar-benar komitmen untuk KSS. Dan semoga teman-teman yang bergabung di KSS nantinya dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari keikutsertaan sebagai pengurus dan dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan KSS”, tutup Anisya.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sekolah Pascasarjana USU Dampingi Pengembangan Ekowisata di Percut Sei Tuan Deli Serdang

redaksi

APM Medan Sukses Gelar Nonton Bareng “KINIPAN”

redaksi

Penelitian Mahasiswa USU Mengenai Heterogenitas Masyarakat Indonesia dan Hubungannya Terhadap Nilai Pancasila

redaksi