SUARA USU
Kabar Kampus

PKKMB FKM USU 2021, Fokuskan Membangun Generasi MIRACLE

Oleh: Muhammad Randy Alamsyah

Suara USU, Medan. Fakultas Kesehatan Masyarakat USU melaksanakan kegiatan PKKMB secara daring pada tanggal 12 sampai 13 Agustus dengan mengangkat tema, “Menjadi generasi MIRACLE dan berkarakter BINTANG”. Dalam kegiatan ini para mahasiswa aktif dan Dosen FKM USU menjadi panitia penyelenggara.

MIRACLE sendiri merupakan profil karakter yang diharapkan ada dalam diri setiap lulusan FKM USU yaitu Manager, Inovator, Researcher, Apprentice, Communitarian, Leader, dan Educator.

Kegiatan PKKMB diawali dengan kata sambutan dari Ibu Dekan Prof., Dr., Dra., Ida Yustina, M.Si yang menekankan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk membantu para mahasiswa baru bertransformasi agar tidak mengalami shock culture di masa transisi dari jenjang SMA ke jenjang perkuliahan. Beliau juga mengingatkan pentingnya sikap kemandirian sebagai kata kunci kesuksesan di Perguruan Tinggi. “Tidak hanya ilmu pengetahuan tapi jauh lebih penting membangun skill sehingga menjadi pejuang kesmas dan orang yang diterima di masyarakat,” tutur Ida.

Kemudian diikuti dengan kata sambutan oleh Gubernur Pema FKM USU Muhammad Kelvin Razak, yang mengajak para mahasiswa baru untuk menjadikan perkuliahan sebagai motivasi belajar dan pentingnya membangun relasi, “janganlah sibuk mencari alasan tapi sibuklah mencari peluang,” tutup Kelvin.

Di hari pertama PKKMB, para maba diperkenalkan kehidupan dunia kampus secara umum melalui berbagai materi video yang dipersiapkan mulai dari industri 4.0, Program Kampus Merdeka, tips sukses di perguruan tinggi, dan mengenal lebih dekat dengan rumpun Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Pada hari kedua diuraikan materi tentang istilah-istilah dunia perkuliahan, hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, plagiarisme, etiket di dunia kampus, dan pengenalan beberapa UKM yang ada di USU. Juga ada sesi sharing pengalaman belajar bersama kakak senior dan alumni.

Kegiatan PKKMB ditutup oleh Dekan Fakultas dengan mengingatkan para mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam memasuki semester awal perkuliahan yang dimulai pada (16/08).

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Kebiri Kimia: Bentuk Kemunduran Hukum atau Langkah Awal Menggapai Kepastian Hukum?

redaksi

HIMALA USU Bagikan Takjil Buka Puasa Gratis ke Masyarakat Langkat

redaksi

Wakili USU Secara Independen, Tim Anggakara Raih Juara I Kompetisi Debat Psycofest UHN

redaksi