Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

PKKMB FISIP USU, Ini Harapan Dekan Untuk Mahasiswa Baru

Oleh: Valeshia Trevana

Suara USU, Medan. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru(PKKMB) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara resmi dibuka pada tanggal 12-13 Agustus 2021 pukul 10.20 WIB. PKKMB FISIP USU dilaksanakan melalui zoom meeting dengan jumlah partisipan 805 orang.

Walau dilaksanakan secara daring, semangat dan euforia para mahasiswa baru tak surut. Hal ini tampak ketika dibukanya akses untuk ruang Zoom Meeting PKKMB pada pukul 10.15, dan waktu 5 menit digunakan oleh para mahasiswa untuk berkenalan dengan teman-teman mereka yang berbeda jurusan.

Acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru ini sendiri dipandu langsung oleh MC Yulia Putri Hadi dan Alwi Nur Fauzan.  Kegiatan PKKMB FISIP ini diawali dengan kata sambutan dari Dekan Fakultas, Hendra Harahap. Dekan FISIP ini menyambut dengan gembira para mahasiswa baru dan mengatakan bahwa para mahasiswa baru harus memiliki semangat yang tinggi, mengingat mereka adalah orang-orang yang terpilih.

“Kalian adalah orang-orang yang terpilih dari seleksi atau kompteisi khusunya FISIP USU, itu yang pertama,” tuturnya. Hendra juga berharap PKKMB yang dimulai pada haris Kamis hingga Jumat ini bisa berjalan dengan baik.

“Ini saatnya era kalian, ini saat dimana kalian bisa mengexplore untuk kemudian mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu di FISIP USU. Jadi, explore lah sebaik mungkin. Kemudian ada teknologi yang saat ini dipergunakan untuk eksplorasi itu. Dan soal kedaerahan Indonesia, yang memungkinkan kita bisa berkarya dan dapat bersinergi dengan lebih baik. Itu yang penting,” tandasnya.

Sebelum membuka PKKMB, ia menegaskan bahwa FISIP USU memiliki 13 program studi. Yang pertama, ada program D-3 Admnistrasi Perpajakan dan ada 7 program S-1 program studi sosiologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Antropologi, Ilmu Politik, dan Administrasi Bisnis. Dan FISIP USU juga memiliki 5 program studi untuk S-2, yaitu Studi Pembangunan, Komunikasi, Sosiologi, Politik, Administrasi Publik.

Selain dekan, Gubernur Pemerintahan Mahasiswa FISIP USU, Ibnu Prayetno juga turut memberikan kata sambutannya. Ibnu berpesan pada mahasiswa baru untuk mempertahankan kemenangan mereka, karena banyak orang diluar sana yang sangat mengharapkan keberadaan mereka saat ini. Ia juga mengingatkan mereka untuk mensyukuri kompetisi yang telah mereka menangkan.

“Kalian tidak hanya menang secara akademik, tetapi juga menang melawan Corona dari segi kesehata. Pesan saya, kemenangan yang telah dimenangkan itu jangan hanya berhenti di kalian saja, kalian juga harus bisa memaknai kemenangan dengan apa? dengan bersyukur dan hal-hal kebermanfaatan lainnya. Banyak diantara teman-teman adik-adik yang sangat ingin ada di posisi kalian,” pungkas Ibnu.

Yoelando Silalahi dari Ilmu Politik stambuk 2018 menegaskan hal yang senada dengan yang disampaikan dengan Ibnu. Ia berpesan kepada para mahasiswa baru untuk turut aktif dalam kehidupan kampus nantinya.

“Kita ini FISIP, jangan hanya kuliah pulang-pulang. Belajarnya kita itu di organisasi, makanya perlu untuk kita aktif dan hidup disana,” terang Yoel.

Acara kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan interaktif lainnya dengan pengenalan PEMA FISIP USU, pengenalan organisasi eksternal, pengenalan kegiatan akademik dan beragam kegiatan lainnya. Di akhir kegiatan, para mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, beserta para mahasiswa dari fakultas lainnya, menyaksikan closing ceremony yang digelar di akun Youtube PEMA USU.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

UKM Klinik Tanaman USU Adakan Seminar Nasional Bahas Hama dan Penyakit Tumbuhan

suarausu

Hari Ini Kabinet Reka Cipta PEMA USU Periode 2021-2022 Resmi Dilantik

redaksi

Usai Pelantikan, Pengurus Baru IMA FT USU Siap Berikan Inovasi

redaksi