SUARA USU
Featured

Prodi PWD SPs USU Membantu Masyarakat Merencanakan Tapak Ekowisata Menggunakan Drone

Gambar 1. Tim pembuat foto udara
Gambar 1. Tim pembuat foto udara

Reporter: Dr. Achmad Siddik Thoha, S.Hut, M.Si. dan Jei Tarigan

Suara USU, MEDAN. Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (Prodi PWD Sps USU) membantu masyarakat pesisir di Kabupaten Serdang Bedagai dengan membuat peta drone. Lokasi yang dipetakan adalah kawasan Ekowisata Kampoeng Nipah Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.

Kawasan Wisata Kampoeng Nipah merupakan salah satu destinasi wisata favaorit di Sumatera Utara. Wisata ini menyajikan konten wisata berbasis ekologi, pendidikan dan pengelolaan berbasis masyarakat. Lokasi ini berawal dari kawasan rehablitasi mangrove yang diinisiasi oleh Sutrisno, salah satu penggerak masyarakat di Desa Sei Nagalawan, yang kemudian berkembang menjadi kawasan ekowisata berbasis masyarakat.

Peta drone atau Peta Foto Udara dapat digunakan untuk menampilkan gambaran umum terkini secara spasial. Dari Peta Drone ini,dapat dilihat sebaran atraksi wisata dan fasilitas wisata dengan resolusi sangat tinggi. Peta Drone selain untuk menampilkan atraksi dan fasilitas wisata juga dapat digunakan untuk perencanaan lebih lanjut pengembangan ekowisata di kawasan yang banyak dikunjungi untuk studi banding berbagai pihak ini.
Pengambilan data foto udara dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2021. Setelah dilakukan pengolahan, layouting dan dicetak, peta drone diserahkan kepada pengelola oleh Mahasiswa S2 PWD USU pada 21 Nopember 2021.

Gambar 2. Pemasangan peta foto udara di kawasan wisata mangrove Kampoeng Nipah
Gambar 2. Pemasangan peta foto udara di kawasan wisata mangrove Kampoeng Nipah

Sutrisno, pengelola kawasan Wisata Kampoeng Nipah mengucapkan terima kasih kepada Prodi S2 PWD USU dan Dosen Pembimbing Dr. Achmad Siddik Thoha, S.Hut, M.Si yang telah membantu pengelolaan wisata berbasis masyarakat melalui pemetaan drone.

Gambar 3. Sutrisno, pengelola wisata mangrove
Gambar 3. Sutrisno, pengelola wisata mangrove

Saat ini, peta drone hasil karya mahasiswa Prodi PWD USU sudah terpasang di lokasi wisata dan dapat menambah informasi terkait sebaran atraksi dan fasilitas wisata.

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kenali dan Fahami Makna Dies Natalis!

redaksi

Kisah Dibalik Lirik “Supermarket Flowers” By Ed-Sheeran

redaksi

JAGA KEDAULATAN BANGSA, BEM SI SUMBAGUT GELAR TALKSHOW INSPIRATIF

suarausu