SUARA USU
Kabar Kampus

Prodi Sastra Batak USU Borong Juara di Festival Museum Sumatera Utara 2021

Reporter: Immanuel Pedro Hutagalung

Suara USU, MEDAN. Rombongan dari Prodi Sastra Batak USU telah mengikuti serangkaian perlombaan Aksara Batak yang diselenggarakan pada acara Festival Museum Sumatera Utara 2021 di Jl. HM. Joni No.51, Teladan Barat Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (18/10/2021).

Lomba Aksara Batak ini sudah memasuki tahun ketiga yang diadakan oleh Museum Sumatera Utara. Adapun perwakilan mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang mendapatkan juara adalah :

  1. Martaria Naibaho (Sastra Batak 2018 ) meraih Juara 1

  2. Lasmaria Manurung (Sastra Batak 2020) meraih Juara 2

  3. Desima Silaban (Sastra Batak 2018) meraih Juara 3

  4. Sepli Manalu (Sastra Batak 2018) meraih Juara Harapan 1

  5. David Marpaung (Sastra Batak 2018) meraih Juara Harapan 3

Sistem perlombaan ini adalah peserta akan membaca naskah yang dibuat di sebuah slide dan secara bergiliran peserta dipanggil dari luar ruangan. Aspek penilaian dari lomba ini adalah ketepatan membaca dan kecepatan durasi lomba. Sedangkan untuk menulis Aksara Batak, peserta diminta untuk menerjemahkan teks bahasa Indonesia ke dalam aksara Batak.

Manguji Nababan selaku juri dalam perlombaan Baca dan Tulis Aksara Batak mengungkapkan bahwa sebagai pemilik karya Batak, ia sangat senang dengan program museum ini. Ia juga berharap adanya workshop Batak mengenai Pustaha Laklak atau Aksara Batak karena masih banyak terdapat manuskrip Batak di Museum Sumatera Utara. Ia juga menyampaikan bahwa selain tempat warisan budaya, museum juga berfungsi sebagai tempat lomba membaca dan menulis aksara Batak, “Museum merupakan tempat cagar kebudayaan. Museum tempat mengumpulkan dan mewariskan budaya masyarakat dan museum juga tempat research dan rekreasi. Lomba membaca dan menulis aksara batak merupakan bagian fungsi dari museum itu sendiri,” ungkapnya.

Martaria salah satu pemenang lomba menungkapkan bahwa melalui kegiatan ini, ia berharap mampu meningkatkan dalam membaca dan memulis aksara Batak, “Harapan saya untuk juara kali ini, semoga saya bisa mempertahankannya dan semakin meningkatkan kemampuan saya dalam membaca dan menulis aksara Batak. Dan untuk penyelenggara semoga makin sukses dan terus bisa melanjutkan perlombaan aksara Batak ini untuk kedepannya lagi,” ungkapnya.

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Fakultas Keperawatan Gelar Reuni Akbar, Gandeng Alumni dan Mahasiswa

redaksi

Car Booth Sale USU, Belajar Wirausaha Lewat Pengalaman Nyata

redaksi

Menuju Dies Natalis FISIP USU Ke- 43, Panitia FISIP USU Mengadakan Berbagai Perlombaaan

redaksi