SUARA USU
Tempat

Raz Museum & Gallery, Bermula Karena Hobi Hingga Koleksi Lego Terbesar Di Indonesia

Reporter : Muhammad Keyvin Syah dan Anggie Syahdina Fitri

Suara USU, Medan. Sesuai dengan permintaan Sobat Suara USU, Kru Suara USU mengunjungi Raz Museum and Gallery Raz yang terletak di Jalan Dr. Mansyur No 191, Tj. Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, untuk melihat langsung apa sih sebenarnya yang sebenarnya dari Raz Museum and Gallery ini. Buat kalian yang mungkin merasa lebih akrab dengan kata “Raz”, museum ini merupakan bagian dari Raz Group dan berlokasi tepat di sebelah Raz Hotel and Convention.

Drs. H. Sofyan Raz, Ak.MM atau biasa dikenal sebagai Sofyan Raz merupakan mantan Direktur Utama PTPN II, seorang tokoh Pendidikan di Sumatera Utara, sekaligus pemilik Raz Group. Didampingin Hj. Rahmawaty Raz, seorang istri dan ibu yang juga bergerak di bidang pendidikan, mendirikan Yayasan pendidikan islam, Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) Medan.

Museum yang terdiri dari 6 lantai ini merupakan museum pribadi keluarga Sofyan Raz yang menampilkan koleksi barang-barang kenangan dan penuh memori. Awal membangun museum ini karena hobi dari Rahmawaty mengumpulkan dan menata barang-barang yang memiliki kenangan. Walaupun awalnya hanya untuk koleksi pribadi, museum ini diresmikan pada Januari 2022 dan buka untuk umum.

 

Pada lantai pertama, terdapat berbagai dari berbagai dokumen, tanda identitas seperti paspor, KTP, kartu organisasi, kartu atm, dan gantungan kunci dari berbagai negara yang ditampilkan di koleksi dalam sebuah etalase. Pada ruangan lain terdapat koleksi foto dari macam kegiatan yang dilakukan oleh Keluarga Raz.
Pada lantai kedua, banyak dipajang piala pretasi yang anggota keluarga ini ukir. Selain itu banyak juga terdapat artikel-artikel berita koran tentang Raz museum dan YPSA di dinding. Ada juga baju wisuda setiap anggota keluarga yang mereka pajang di etalase.

Pada lantai ketiga, terdapat ruangan yang menjelaskan tentang sejarah terbentuknya YPSA, kondisi ruang kelas YPSA, seragam sekolah, hingga karya-karya seperti lukisan dan juga koleksi biji-bijian dan tanaman herbal. Pada ruangan lain terdapat koleksi pribadi dan kantor dari Sofyan Raz.

Pada lantai keempat, terdapat koleksi alat musik dan karya seni daerah seperti miniatur rumah adat, songket dan senjata mandau, juga terdapat koleksi peralatan dan perlengkapan olahraga seperti golf, jersey bola, dan sepeda. Pada ruangan lain terdapat koleksi cinderamata dari berbagai negara yang dikunjungi Keluarga Raz, seperti koleksi uang kertas, kaos, dan jam dinding. Dan yang terakhir dari lantai ini adalah barang-barang kenangan saat naik haji dan umroh.

Pada lantai kelima, terdapat barang koleksi yang paling banyak dari lantai lainnya. Di lantai ini terdapat gambaran ruang tamu, dapur, ruang makan, ruang keluarga, kamar masa kecil anak-anak dari Sofyan Raz, dan koleksi pakaian dari Sofyan Raz dan istrinya.

Pada lantai 10, terdapat koleksi yang keliatannya menjadi kunci dari museum ini. Pada lantai ini terdapat koleksi mainan milik anak-anak dari Sofyan Raz dan koleksi Lego terbesar di Indonesia. Dikarenakan banyaknya jumlah koleksi lego yang ada, museum dan galeri lego Raz ini berhasil memecahkan rekor dari MURI. Lego-lego yang dipamerkan di museum ini merupakan hasil kreativitas dan keterampilan Rahmawaty dan anak-anak.

Di lantai 4 ada jenis koleksi yang ditampilkan seperti Art & Music Room yang menampilkan alat musik seperti gitar dan karya seni berupa kain ulos, songket dan senjata mandau. Ada juga koleksi cinderamata dari berbagai negara yang pernah dikunjungi di bagian Collection room, travelling room dan barang-barang kenangan saat naik haji dan umroh di Islamic room.

Museum yang unik dan menarik yang dapat dijadikan tempat wisata di sekitaran Kota Medan. Setelah dari museum ini kalian akan lebih menghargai barang-barang yang dimiliki saat ini. Nikmati sobat Suara USU untuk datang kesini jika bosan saat liburan seperti ini.

Kamu cukup membayar tiket untuk Rp25.000 per orang dan buka dari pukul 9:00 hingga 16:00 WIB. Ayo, kita kunjungi museum Raz apalagi jaraknya dekat dengan kampus.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Padangsidimpuan: Kota Salak dengan Keasrian Alamnya

redaksi

Pos Bloc Medan: Wisata Tanpa Batas Dibalik Sejarah

redaksi

Destinasi Wisata Tersembunyi, Air Terjun Namo Belanga ‘Siluman’ di Langkat

redaksi