SUARA USU
Kabar Kampus

Rektor USU: Reformasi Birokrasi Bukan Sekadar Jargon

Reporter: Yulia Putri Hadi

Suara USU, MEDAN. Universitas Sumatera Utara sedang melangkah untuk mengikuti program percepatan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK), yakni program yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah untuk menciptakan unit kerja yang bebas korupsi, serta pelayanan yang baik dan sempurna.

Pada kesempatan kali ini, USU mengadakan Coffe Morning “Penyerahan Buku Road Map Reformasi Birokrasi USU dan Buku Panduan Pembangunan ZI-WBK/WBBM” di Gedung Pusat Biro Administrasi USU pada Selasa, (28/09)

Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, menyampaikan bahwa komitmen pemimpin merupakan hal paling penting dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Pemimpin harus tahu bagaimana detail semua prosedur layanan.

“Contohnya begini, kenapa mengurus ijazah bisa lama sekali, kenapa mahasiswa yang mau ujian skripsi lama sekali di acc dari pegawai prodi, ternyata ada hal-hal yang terjadi di situ, ada misalnya pegawainya yang ‘ah nanti ajalah’. Jadi, pemimpinnya harus bisa mengatasi hal itu,” tegasu rektor.

Dalam kesempatan tersebut, rektor juga melakukan penyerahan Buku Road Map Reformasi Birokrasi USU dan Buku Panduan Pembangunan ZI-WBK/WBBM kepada para pimpinan unit.

“Buku Road Map itu menjadi panduan para pimpinan unit untuk melaksanakan delapan area reformasi birokrasi,” ujar rektor.

Rektor berharap semua layanan bisa disediakan dan dilaksanakan secara baik, sesuai dengan aturan, tidak berlama-lama, transparan dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada. Sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang kesulitan dalam mengurus administrasi.

Rektor juga menyampaikan harapannya akan membuat semua layanan menjadi sistem digital, “Tahun ke-6 atau ke-7 harapannya layanan kita tidak lagi menggunakan kertas atau mengharuskan bertemu dengan orang,” ungkapnya.

Redaktur: Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mapres Keperawatan: Maba Jangan Takut Ikut Pilmapres

redaksi

Masuk 10 Besar Peminat Terbanyak SNMPTN 2021, Mahasiswa Harap USU Tingkatkan Keterbukaan Informasi!

redaksi

Aliansi Mahasiswa USU Bergerak Gelar Aksi Stop Pelecehan Seksual

suarausu