SUARA USU
Kabar Kampus

Program Studi Ilmu Komunikasi USU Sukses Selenggarakan Communication Battle 2021 Bertemakan Vaksin ditengah Pandemi

Oleh: Muhammad Fadhlan Amri

Suara USU, MEDAN. Communication Battle 2021 atau yang disingkat sebagai COMBAT  2021 kembali diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara dengan mengangkat tema Vaksin ditengah Pandemi.

Ini merupakan kali kedua pelaksanaan COMBAT dilakukan setelah pertama kalinya diadakan sejak tahun 2020 lalu. Acara ini sendiri merupakan ajang kompetisi yang terbuka untuk segala jurusan bagi seluruh mahasiswa/i di Indonesia.

Di tahun ini terdapat 3 macam lomba yang diadakan yaitu sinematografi, poster infografis dan public speaking  dengan total hadiah sebesar 13, 5 Juta. COMBAT juga menghadirkan juri nasional yang professional dibidangnya seperti Tysaa novenny yang merupakan produser dan news anchor TVOne sebagai juri public speaking, Founder dan Creative Director Meja Kreatif yaitu Rizky Rivanni sebagai juri Poster Infografis, kemudian Rizki Mitra yang menjadi Juri Sinematografi beliau dikenal sebagai CEO CV. Kimit Production.

Adapun alur dalam kompetisi ini  yaitu pendaftaran dan pengumpulan berkas pada 16 agustus–15 September kemudian penjurian ditanggal 16 – 24 September  2021 dan yang terakhir pengumuman yang telah berlangsung  dilaksanakan sabtu, 02 Oktober 2021. Setidaknya sebanyak 187 mahasiswa dari berbagai penjuru di Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pengumuman pemenang berlangsung via zoom meeting yang di pandu oleh Vanessa dan Fit Septri Yeni selaku pembawa acara. Acara dibuka dengan kata sambutan Ketua Laboratorium Ilmu Komunikasi yaitu Drs.Safrin M.Si  dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan Dra.Dewi Kurniawati M.Si,Ph.D sebagai  Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi dan diteruskan dengan pengumuman juara lomba tiap kategori yang langsung dibacakan dan diberi penilaian oleh juri nasional.

Tysaa selaku juri public speaking mengatakan semua peserta memiliki ciri khas dan potensi masing – masing dalam public speaking.

“Menjadi public speaker itu banyak banget macam-macamnya, saya yakin semua peserta memiliki potensi dan ciri khasnya masing masing dalam pembawaannya dibidang ini. Hal itu tergambarkan dari ketiga pemenang yang terpilih seperti Zikri sebagai juara 3 memiliki ciri khas seperti penceramah, yoga sebagai juara 2 yang pembawaanya ala ala youtuber, dan yang terakhir amirah dinda juara 1 dari Universitas Brawijaya yang perawakannya seperti presenter tv ,“ ucap Tysaa.

Untuk kategori infografis sendiri yang menjadi penilaian yaitu dari segi copy writing, ilustrasi dan layout. Adapun yang menjadi pemenang pada kategori lomba ini diantaranya Rico Naim asal Universitas Sari Mulia  sebagai juara 3 , Romauli Patricia Kalangit dari Universitas Kristen Maranatha Sebagai juara 2 dan sebagai juara 1 berasal dari Universitas Tidar yang bernama Rio Perdana.

Selanjutnya yang menjadi acuan penilaian pada kategori sinematografi yaitu pesan tersampaikan, visual dan cinematic, serta kesinambungan isi konten. Adapun peserta yang beruntung menjadi juara pada kategori ini diantaranya Misbakhunnar dari Universitas AMIKOM Yogyakarta sebagai Juara 3, Azzahra Zweida Harahap asal Universitas Sumatera Utara sebagai juara 2 dan Marsha Zafira Pohan dari  Universitas Sumatera Utara sebagai juara 1.

“Perasaan saya sangat senang sekaligus bersyukur bisa menjadi pemenang juara 1 lomba COMBAT kategori cinematography. Saya dan juga team saya sebelumnya sudah sangat optimis untuk mengikuti lomba dengan harapan yang tinggi dan alhamdulillah semua hasil kerja keras terjawab sesuai dengan ekspetasi atau harapan yang diinginkan. Dalam perencanaannya kami rutin melakukan diskusi-diskusi melalui salah satu aplikasi video conference,“ ucap marsha sebagai juara 1 sinematografi. Acara pun diakhiri dengan foto dokumentasi bersama yang dipandu oleh panitia.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PEMA Fakultas Psikologi USU Melangsungkan Kegiatan PORSENI Secara Hybrid

redaksi

Memasuki Semester Genap, ke Mana KTM Mahasiswa 2022?

redaksi

Kongres Mahasiswa USU 2022 Resmi Dibubarkan

redaksi