SUARA USU
Agenda

Peringati Hari Batik Nasional dengan Mengenal Lebih Jauh Batik-Batik Nusantara!

Oleh: Siti Fatimah Sembiring

Kamu cinta tanah air? Jangan katakan cinta tanah air jika kamu tidak mengenal dan mencintai batik sebagai salah satu kekayaan budaya yang dimiliki bangsa kita. Batik merupakan salah satu aset dan warisan budaya yang sangat berharga di Indonesia, bentuknya yang beragam dan unik membuat batik salah satu seni yang terkenal di manca Negara bahkan UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi.

Saat ini dikalangan anak milennial batik merupakan fashion orang zaman dahulu, di pikiran mereka terutama dalam memakai pakaian batik akan dipandang seperti pejabat dan orang yang sudah berumur sehingga mereka malu untuk menggunakannya.

Padahal jika kita lihat di dunia fashion saat ini bentuk batik dan modelnya sudah mulai berkembang dan berinovatif. Oleh karena itu sebagai generasi penerus menanamkan kecintaan terhadapat hasil budaya sendiri adalah hal yang seharusnya dilakukan, mulai dari mengubah mindset kita, dan juga mengenal baik batik dari sejarahnya dan juga betuknya. Ada banyak jenis dan bentuk batik di Indonesia dan berikut ini adalah macam-macam batik nusantara:

  1. Batik Parang Kusumo

Batik ini berasal dari kota Solo, motif batik ini menyerupai gulungan ombak yang menghantam tebing karang. Salah satu filosofi dari batik ini ialah hidup haruslah dilandasi dengan perjuangan dan usaha untuk mencapai kemakmuran dengan mengindahkan kebudayaan Jawa.

  1. Batik Mega Mendung

Batik ini berasal dari Cirebon, yang memiliki motif layaknya gumpalan awan di langit luas. Motif gumpalan awan ini dipadukan dengan warna gradasi yang seolah-olah menciptakan nuansa mendung dan ini sesuai dengan arti dari nama batik tersebut.

  1. Batik Sidomukti

Batik ini sama dengan Batik Parang Kusumo yang sama-sama berasal dari Solo. Batik Sidomukti ini salah satu jenis batik keraton yang dilukis langsung menggunakan zat pewarna soga alam, yang berwarna coklat.

  1. Batik Tujuh Rupa

Nah untuk batik ini sendiri berasal dari Pekalongan, batik ini sedikit berbeda dengan batik pada umumnya. Motif batik ini lebih didominasi dengan motif hewan dan tumbuhan, sehingga batik ini sangat kental dengan nuansa alam.

  1. Batik Lasem

Batik satu ini berasal dari Rembang. Batik ini sedikit mirip dengan batik Pekalongan, tetapi batik ini menjadi salah satu batik yang mendapat pengaruh dari kebudayaan luar yaitu Tionghoa.

  1. Batik Singa Barong

Asal batik ini sama dengan Batik Mega Bendung yang sama-sama berasal dari Cirebon, motif batik ini sendiri diambil dari sosok makhluk mitologi yang mereka percayain.

  1. Batik Sekar Jagad

Batik ini berasal dari dua daerah yaitu Solo dan Yogyakarta, batik ini bermotif unik yang melambangkan keragaman Nusantara dan dunia. Karena bentuknya yang menyerupai pulau-pulau.

  1. Batik Pring Sedapur

Batik ini berasal dari Magetan, batik ini memiliki motif yang cukup sederhana, tetapi terlihat indah dengan perpaduan yang menarik. Karena motifnya didominasi dengan bamboo dan burung.

  1. Batik Sidoluhur

Batik ini juga berasal dari Solo, namun batik ini lebih diperuntukkan untuk proses pernikahan.

  1. Batik Tambal

Motif batik ini berbetuk tambalan, yang berarti sebuah fungsi untuk menambal sesuatu yang kurang dan rusak. Batik ini berasal dari Yogyakarta.

  1. Batik Jagatan Pisang

Batik ini berasal dari Bali, batik ini bermotif seperti pisang bali. Batik ini pada umumnya digunakan sebagai pemberian hadiah kepada seseorang yang hendak berpergian.

  1. Batik Priyangan

Batik satu ini berasal dari Tasikmalaya, yang memiliki corak rapat, rapi, dan berkelas dengan paduan warna kalem dan cerah.

  1. Batik Garutan

Batik Garutan ini memiliki ciri khas motif yang berbentuk geometris dan flora fauna yang didominasi dengan warna kream dan dipadukan dengan warna cerah, batik ini sendiri berasal dari Garut.

  1. Batik Tubo

Nah untuk batik satu ini berasala dari Ternate, salah satu ciri khasnya adalah motifnya yang berbetuk cengkeh, pala, peta Maluku Utara, ikan kelapa, karan, serta unsur-unsur kehidupan yang ada di Indonesia bagian Timur.

  1. Batik Ulamsari

Batik ini juga berasal dari Bali, batik ini bermotif ikan dan udang dan biasanya warna yang digunakan sesuai dengan warna ikan mas dan warna udang pada umumnya.

Gimana Sobat Kampus? kalau batik favorit kamu, batik apa?

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Buka Peluang Mahasiswa Mengabdi, Rekrutmen Terbuka Rumah Internet Hadir Kembali!

redaksi

Gelar Talkshow Bahas KPK, Hatta Muda Ajak Mahasiswa Semangat Konsisten Bergerak dalam Pemberantasan Korupsi

redaksi

Mahasiswa Bisa Dapat 2,4 Juta Rupiah dari Program Kampus Mengajar

redaksi