SUARA USU
Entertaiment Musik

Sahabat Kecil – Ipang: Lagu Tentang Persahabatan, Kenangan dan Perpisahan

Oleh: Juwita Pobian Lubis

Suara USU, MEDAN. Siapa yang tidak tahu film Laskar Pelangi, film yang berkisah tentang mirisnya pendidikan anak-anak di Indonesia. Laskar Pelangi merupakan salah satu perintis film yang diangkat dari novel di Indonesia. Tetralogi karya Andrea Hirata yang mampu merebut perhatian para pecinta film tanah air.

Salah satu faktor kesuksesan film ini adalah soundtrack yang berkaitan dengan kisah-kisah dalam film tersebut. Di dalam album original soundtrack (OST) film Laskar Pelangi, ada satu lagu yang begitu indah terlantun. Lagu itu berjudul Sahabat Kecil, dibuat dan dinyanyikan oleh Ipang. Ipang memang terkenal sebagai seorang musisi dan pembuat lagu yang berbakat dalam menghasilkan musik yang keren, lagu ini.

Banyak hal yang membuat lagu Sahabat Kecil menjadi salah satu lagu yang sangat indah. Diantaranya yaitu liriknya yang sederhana namun sangat bermakna, musiknya yang syahdu didengar, dan dinyanyikan dengan merdu pun penuh penghayatan oleh Ipang.

Ketika mendengarkan lagu ini, mungkin kita akan secara spontan mengingat sahabat dan memahami makna persahabatan. Sahabat kecil yang mau menemani kita kala dan mau mengingatkan saat kita terlalu tidak percaya. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling membantu, seperti bertukar-menukar nasihat dan saling mendukung dalam kesulitan.

Lagu ini juga sering dijadikan backsound untuk video bergenre pengabdian, kerelawanan dan cinta kasih. Banyak organisasi yang menggunakan lagu-lagu tersebut terutama ketika selesai masa bakti ataupun perpisahan.

Bersamamu kuhabiskan waktu

Senang bisa mengenal dirimu

Rasanya semua begitu sempurna

Sayang untuk mengakhirinya

Lirik di atas menggambarkan kisah persahabatan yang indah dan menyenangkan, yang enggan untuk diakhiri. Sama halnya ketika melakukan sebuah pengabdian, ada kalanya sangat sulit untuk menghidupkannya namun semua harus melanjutkan mimpi masing-masing.

Janganlah berganti

Janganlah berganti

Janganlah berganti

Tetaplah seperti ini

Bagian lirik yang diulang-ulang menekankan adanya ketidakmauan untuk berpisah, tak ingin tergantikan karena dirasa sudah sempurna dan begitu indah.

Makna perjuangan meraih impian juga terasa di lagu ini, terutama pada di bawah

Melawan keterbatasan

Walau sedikit kemungkinan

Tak akan menyerah untuk menghadapi

Hingga sedih tak mau datang lagi

Dalam film Laskar Pelangi memang digambarkan bahwa anak-anak SD Muhammadiyah Gantong memiliki banyak keterbatasan. Namun, hal itu tidak menjadikan mereka menyerah pada keadaan. Mereka tetap berjuang dengan terus belajar dan belajar.

Ya, pada akhirnya dengan perjuangan dan kerja keras kita akan merasa bahagia dan puas akan hasil akhir. Lagu ini bisa menginspirasi kita untuk melawan segala keterbatasan yang berjuang dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita.

Redaktur: Monika Krisna Br Manalu

.

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

NINETEEN, Hiburan Menghadapi Quarter Life Crisi

redaksi

Mom Cut Fruit, Sebuah Bahasa Cinta untuk Ibu

redaksi

Abadinya Kisah Kita Lewat Lagu “Kota Medan Sore Itu”, Yuk Intip Fakta Menarik Dibaliknya

redaksi