SUARA USU
Life Style

Sering Cemas Saat Zoom, Simak Tips Berikut Ini!

Oleh    : Nabilah Mufidah

Suara USU, Medan. Pandemi mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru demi menekan penyebaran covid-19. Ada banyak platform yang banyak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar maupun bekerja secara online. platform tersebut adalah zoom.

Namun, akhir-akhir ini muncul beberap gejala saat sedang beraktivitas menggunakan platform zoom ini. Beberapa gejala tersebut adalah merasa gugup dan gelisah, takut berbicara, frustrasi, mudah lupa, dan stress. Gejala tersebut merupakan gejala dari zoom anxiety atau kecemasan saat zoom.

Jika kamu pernah mengalami gejela tersebut, berikut tips mengatasi zoom anxiety

  • Antisipasi sebelum mulai

Kecemasan saat zoom bisa datang bahkan jauh sebelum zoom conference dimulai. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menerapkan positive self-talk. Persiapkan juga bahan materi untuk zoom dan apa yang ingin anda sampaikan nantinya. Lalu kamu juga bisa berlatih mengatur pernapasan agar tetap tenang hingga zoom selesai. Selain itu untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu bisa berhias dan bersiap agar hadir tepat waktu. 

  • Tetap Fokus selama Zoom Berlangsung

Saat pertemuan zoom dimulai biasanya gejala peningkatan perubahan fisiologis seperti denyut jantung meningkat, gemetar, berkeringat dan lainnya dapat terjadi. Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk fokus pada orang yang sedang berbicara bukan pada diri kamu sendiri. Mematikan video selama pertemuan bisa menambah fokus dan mengurangi kecemasan kamu.

  • Ingat Hal Positif dan Apresiasi diri.

Setelah zoom selesai mungkin kamu akan berfikir dirimu canggung dan menyebabkan kesalahan yang memalukan selama zoom. Jika kita memilih memutar memori negatif saat merasakan kecemasan, kamu akan memutar ulang hal negatif terus menerus. Maka dari memperkuat memori yang positif atau hal-hal yang baik bisa meredakan kecemasan kamu. Jangan lupa untuk mengapresiasi diri kamu setelah melakukan pekerjaan dengan baik dan evaluasi agar bisa memperbaiki kekurangan kamu

Redaktur: Valeshia Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Eksplorasi Gaya, Tren Fashion di Kalangan Mahasiswa

redaksi

Kesiangan Sahur? Ini Tips Agar Tetap Semangat Walau Tidak Sahur

redaksi

Budaya Thrifting yang Semakin Populer

redaksi