SUARA USU
Kabar Kampus

Rilis Program Baru, FKM USU Luncurkan Podcast Bernuansa Kesehatan Tropis

Oleh : Emma Amelia

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU meluncurkan program baru dalam bentuk podcast yang diresmikan dengan nama ‘Trophico Podcast’. Program ini merupakan ide dari Dekan FKM USU sendiri. Trophico Podcast dibentuk pada September 2021 dan diresmikan dengan merilis video pertamanya pada 14 Februari 2022 di Youtube. Program ini bertujuan agar dapat menjadi wadah dalam meningkatkan skill dan membagikan informasi yang sesuai dengan perkembangan saat ini.

Mewawancarai salah satu panitia selama pembuatan Trophico Podcast, Rumondang Syaikhah Aribah membagikan informasi terkait latar belakang terbentuknya podcast ini.

“Asal-usul Trophico Podcast didasari dari visi dan misi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU, yaitu fakultas yang terkemuka di bidang tropis. Kata ‘Trophico’ sendiri merupakan singkatan dari Trophical Public Health Community. Hal ini memang sudah menjadi ikon dari FKM sendiri yang berkonsentrasi di bidang kesehatan tropis. Desain ikon dari pada podcast ini juga dibuat dengan nuansa tropis,” jelas Rumondang.

Fokus pembahasan Trophico Podcast ialah kesehatan dan promosi, tetapi isu-isu yang sedang hits bisa saja dibahas. Dengan catatan, isu tersebut dapat meningkatkan pemahaman penonton dan pendengar. Narasumber-narasumber yang diundang tidak hanya berpatok dari dalam lingkup FKM, tetapi narasumber di luar FKM yang berpotensi dan kompeten di bidangnya dapat diundang untuk mengisi podcast ini.

Trophico Podcast tidak membatasi pendengar dan penontonnya, artinya seluruh masyarakat dapat menonton dan mendengarkan podcast ini. Saat ini, Trophico Podcast hanya dapat diakses melalui kanal Youtube. Seiring berjalannya waktu, podcast ini akan dapat didengarkan di platform lain, seperti Spotify.

Lebih lanjut, Rumondang mengungkapkan tantangan dan hambatan yang dialami selama pengerjaan podcast ini.

“Tantangan dan hambatan itu karena proyek ini masih merintis dari awal, jadi masih mengumpulkan followers Instagram dan subscriber-nya masih sedikit. Jadi, tantangan kami itu mengusahakan agar Trophico Podcast ini lebih dikenal oleh banyak orang,” ungkapnya.

Di akhir wawancara, Rumondang berharap agar Trophico Podcast dapat dikenal oleh banyak orang, semakin bermanfaat bagi semua orang, memiliki banyak subscribers serta mendapatkan Gold Play Button dari Youtube.

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Orde Baru itu Kembali Lagi

redaksi

Perbaikan “New Normal” Kebijakan Baru Di tengah Goncangan COVID-19 Akankah Berjalan Efektif?

redaksi

Memaknai Kasih Tuhan, IMPROSAJA FISIP USU Sukses Adakan Syukuran Natal dan Tahun Baru

redaksi