SUARA USU
Opini

Sikap Seorang Mahasiswa dalam Momentum Pesta Demokrasi 2024

Oleh : Jenni Angelia

Suara USU, Medan. Dalam momentum Pesta Demokrasi 2024, seorang mahasiswa diharapkan menunjukkan sikap yang aktif. Partisipasi aktif dalam proses pemilihan merupakan langkah awal yang sangat penting. Mahasiswa dapat menggunakan suaranya dengan bijak setelah memahami dan mempertimbangkan dampak dari program serta visi dari setiap calon bagi masyarakat dan negara. Sebagai generasi muda yang akan mewarisi bangsa ini di masa depan, penting bagi kita untuk menjadi selektif dan cerdas dalam memilih. Tidak hanya berpatokan pada potongan video di sosial media, mahasiswa harus kritis dalam menganalisis visi dan misi serta rekam jejak dari setiap calon dengan baik. Hal ini bertujuan agar kita dapat melihat apakah pemimpin yang dipilih memiliki aksi yang selaras dengan ucapannya atau hanya janji manis yang tak kunjung dieksekusi di lapangan.

Peran mahasiswa tidak hanya berhenti pada hak pilih mereka, melainkan juga terlibat dalam penyebaran informasi yang akurat kepada masyarakat sekitar. Dengan menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya, mahasiswa membantu rekan-rekannya untuk membuat keputusan yang cerdas. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan lebih kritis terhadap isu-isu politik dan mencari pemahaman mendalam terkait kebijakan-kebijakan yang diusung oleh para calon salah satunya dengan melakukan riset melalui website Bijak Memilih.

Diskusi terbuka dan konstruktif di kalangan mahasiswa dapat memupuk pemahaman yang lebih baik tentang dinamika politik dan memperkaya wawasan masyarakat kampus. Melalui dialog yang terbuka, mahasiswa dapat saling bertukar pendapat serta mengatasi perbedaan pendapat dengan cara yang damai. Selanjutnya, kehadiran mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintahan juga dapat menjadi wujud nyata dari keterlibatan mereka dalam proses demokrasi. Menjadi agen perubahan yang proaktif dalam memperjuangkan nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan keadilan sosial adalah langkah positif yang dapat diambil oleh mahasiswa.

Dengan demikian, sikap seorang mahasiswa dalam momentum Pesta Demokrasi 2024  haruslah mencerminkan komitmen terhadap demokrasi, tanggung jawab sosial, dan partisipasi aktif dalam membentuk masa depan bangsa. Keterlibatan dari mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk menciptakan masyarakat yang lebih demokratis dan berkeadilan.

Redaktur : Balqis Aurora

Related posts

Lulusan Perguruan Tinggi Penyumbang Korupsi Terbesar di Indonesia: Merefleksikan Peringatan Reformasi 1998

redaksi

Metode Belajar Sistem Kebut Semalam: Apakah Efektif?

redaksi

Strawberry Generation, Kreatif Tapi Mental Rapuh

redaksi