Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Beasiswa Kabar Kampus

Sosialisasi Beasiswa LPDP: Siapkan Amunisi Terbaik

Reporter: Amanda Amelia

Suara USU, MEDAN. Unit Pengembangan Pendidikan Universitas Sumatera Utara (UPP USU) menyelenggarakan sosialisasi bertajuk Mengenal Lebih Dekat Beasiswa LPDP pada Kamis (15/07). Webinar ini dilaksanakan melalui zoom meeting Narasumber diwebinar kali ini adalah seorang executive secretary to president director of LPDP, Trio Susilo.

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau S2 maupun program Doktoral atau S3 di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

LPDP berdiri sejak tahun 2012 dengan tiga kor layanan utama yaitu 1) pengembangan dana, yang artinya menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal, 2) beasiswa, yang artinya mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan indonesia melalui pembiayaan pendidikan, 3) riset, yang artinya mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah melalui pendanaan riset.

Dalam webinar tersebut, Tri Susilo menjelaskan beberapa jenis beasiswa yang LPDP keluarkan yaitu Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted Group dan Beasiswa Umum. Dijelaskan juga, untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan studi lanjut pada program magister atau S1 maupun program Doktoral atau S3 di Perguruan Tinggi tujuan, kepada penerima beasiswa diberikan dana yang meliputi beberapa komponen yaitu dana pendidikan, dana pendukung, dana tambahan khusus beasiswa pendidikan dokter spesialis, dan dana tambahan khusus beasiswa penyandang disabilitas.

Tri Susilo menjawab salah satu pertanyaan dari peserta mengenai syarat mengambil beasiswa doktoral dari dalam negeri.

“Bisa disesuaikan jalurnya apa, apakah afirmasi, targeted atau reguler bisa dilihat di website LPDP. Yang harus disiapkan adalah kesiapan administrasi sama yakin apa yang mau diambil. Apakah harus mendaftar telebih dahulu ke universitas nya, tidak harus. Boleh daftar LPDP dulu baru daftar universitas atau dapar LOA dulu baru daftar universitas,“ jelasnya.

Tri Susilo juga memberikan wejangan kepada teman-teman yang melamar beasiswa LPDP ini.

“Teman-teman jangan pernah meminta excuses untuk syarat-syarat yang memang sudah jelas abcd nya seperti apa whats is kind white or black ya. Siapkan dengan baik tidak perlu buru-buru ya, dilengkapi dengan baik. Kalau sudah melengkapi dengan baik persyaratan administrasi, i do belive kamu punya amunisi yang cukup untuk the next step, when you have the ammunition intinya. The perfect one gitu amunisi yang bagus dan lengkap, teman-teman bisa masuk ke tahapan selanjutnya.”

Mengenai persyaratan maupun penjelasan yang lebih detail, kamu bisa kunjungi web LPDP yaitu www.lpdp.kemenkeu.go.id . Untuk teman-teman yang ingin menonton ulang webinar pada hari ini, kamu bisa menonton di Youtube UPP USU!

Redaktur: Yulia Putri Hadi

 

Related posts

KOMPAS USU Ikut Serta dalam River Cleanup World 2021

redaksi

Adakan MAPERCA, Ini Harapan HMI FISIP untuk Para Kader Baru!

redaksi

GMKI FH USU Adakan Justitia Training Sebagai Langkah Awarness Tindak Suap Menyuap

redaksi