SUARA USU
Kabar Kampus

Strategi Pemasaran UMKM Waterpark Tirta Mas Tanjung Morawa di Masa Pandemi Covid-19

Suara USU, Medan. Objek wisata kolam renang Waterpark Tirta Mas Tanjung Morawa terletak di Jalan Sultan Serdang, Gang Kampung Banten, Tanjung Morawa, Sumatera Utara mengalami penurunan jumlah pengunjung yang signifikan semenjak wabah covid-19 melanda Indonesia, Selasa (16/11/2021).

Wisata air Waterpark Tirta Mas (TM) merupakan tempat wisata kolam renang yang populer di kalangan wisatawan lokal yang ada di Tanjung Morawa. Tempat ini sering dijadikan tempat liburan keluarga. Menjelang akhir pekan ataupun liburan biasanya kolam renang Tirta Mas selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Wisata waterpark tersebut bukan hanya sekedar kolam renang saja akan tetapi adanya wahana untuk bermain, pondok untuk tempat beristirahat, taman untuk selfie, dan juga kantin untuk memesan makanan, sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga sesuai dengan konsep yang disajikan oleh Pahot T.Sihombing dengan istrinya selaku pemilik usaha tsb.

Meskipun sempat mengalami penurunan namun Water Park Tita Mas mampu untuk bertahan dan beradaptasi di tengah pandemik dengan adanya perubahan strategi yang telah ditetapkan. Strategi pemasaran dapat dilihat melalui 3 tahapan diantaranya : segmentasi pasar, target pasar, dan diferensiasi.

Pertama, lokasi Waterpark Tirta Mas (TM) berada dilokasi yang cukup baik dekat dengan kelompok pasar, segala jenis kolam yang berada di TM dapat dipergunakan oleh semua jenis usia, dan TM sendiri mengusung kolam renang keluarga sehingga banyak keluarga menghabiskan waktunya dikolam tersebut.

Kedua, target pasar dari Waterpark Tirta Mas sendiri adalah para keluarga dan masyarakat yang memiliki gaya hidup sehat sehingga lokasi wisata di-desain sedemikian rupa agar nyaman dan tetap bersih.

Ketiga, Waterpark Tirta Mas,diketahui bahwa usaha ini menciptakan posisi sesuai dengan suasana kolam tsb yaitu “Kolam Renang Keluarga” sehingga mengingatkan pengunjung yang membawa keluarganya untuk pergi ke Waterpark Tirta Mas. Nama Tirta Mas juga mendapat perhatian dari pengunjung yang sering menyingkat nama kolam renang ini menjadi TM.

Selain itu, Setelah ditelusuri ternyata pemilik UMKM Waterpark Tirta Mas  menerapkan strategi marketing mix untuk menarik hati pelanggannya, di mana strategi ini meliputi 4 point penting yang menjadi pokok utama penjualan yaitu product, price, place, promotion.

Pertama Product, kolam renang yang disediakan oleh TM dimana terdiri dari 2 kolam untuk dewasa dan 2 kolam untuk anak. Lingkungan  kolam renang  yang  nyaman, luas dan bersih  serta tersedia sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti kantin, kamar mandi, toilet, tempat cuci piring, taman bermain anak, tempat selfie dan mushola.

Selanjutnya, Price , harga yang diberikan oleh pihak wisata tsb dinilai sudah menjangkau keuangan lapisan masyarakat dan  fasilitas  yang didapatkan sesuai dengan harga yang dibayarkan yaitu sebesar Rp.15.000 untuk hari Senin-Jumat dan sebesar Rp.20.000 untuk dihari Sabtu-Minggu maupun di hari libur.

Selanjutnya, Place, lokasi UMKM Waterpark Tirta Mas Tanjung Morawa terletak di Jalan Sultan Serdang, Gang Kampung Banten. Lokasi UMKM Waterpark Tirta Mas Tanjung Morawa dinilai cukup strategis oleh Pemilik wisata ini, dimana jalan untuk menuju ke lokasi bisa dilewati melalui banyak gang yaitu Gang Rasmi, Gang Madirsan, Gang Harapan, Gang Kampung Banten dan Gang Bilal, dan didukung dengan area parkir yang luas demi kenyamanan pelanggan.

Selanjutnya, Promotion, strategi promosi yang dilakukan oleh Waterpark Tirta Mas sendiri ialah melalui word of mouth (WOM) yakni dengan cara memberitahukan teman, keluarga, orang terdekat hingga partner bisnis mengenai usaha wisata air ini. Selain itu, untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi covid-19 pihak TM memperbaharui cara promosi mereka melalui media online seperti melalui akun Instagram @tirtamaswaterpark dan menambahkan nomor yang bisa dihubungi dihalaman google untuk mencari lebih lanjut mengenai wisata air tersebut. Pihak Tirta Mas sendiri juga menuturkan mereka mengadakan program khusus kepada pihak sekolah dengan memberikan potongan harga bagi mereka yang ingin berkunjung ketempat wisata tersebut.

Dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Waterpark Tirta Mas tersebut, Pahot T. Sihombing menuturkan untuk saat ini strategi ini cukup efektif dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini.

(Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Dosen Mahasiswa FISIP USU Bapak Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah  Strategi dan Kebijakan Pemasaran)

Tim Penulis

  1. Cindy Maranatha Br Sembiring 180907051
  2. Ananta Fernando 180907073
  3. Frisilia Dewi R Sihombing 180907085
  4. Simon Partahi Panjaitan 180907114
  5. Mayglenn Gracesisilia Sitorus 180907115
  6. Madeliene Silalahi 180907125
  7. Altair Nikolas Tarigan 180907133

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menilik Persiapan Pemilihan Raya Fakultas Psikologi

redaksi

Hand Sanitizer Langka dan Sulit Didapat? Berikut Cara Mudah Membuatnya..

redaksi

Resmi Launching, Begini Filosofi Logo PKKMB USU 2023

redaksi