SUARA USU
Kabar Kampus

Sukses Adakan MKWK Fair 2022, USU Wujudkan Mahasiswa Berkarakter Bintang

Reporter : Taty Kristina Malau dan Virgi Simamora

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara sukses laksanakan MKWK Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) FAIR 2022 pada Kamis, (23/06) berlokasi di Auditorium USU. Acara ini sebagai implementasi pembelaran MKWK berbasis proyek (Project Based Learning) untuk mempersiapkan mahasiswa USU yang berkarakter BINTANG agar tercipta kerukunan antar umat beragama di Sumatera Utara.

Acara ini dibuka dengan tari persembahan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa, laporan Ketua Panitia MKWK FAIR USU 2022 (Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc), kata sambutan Direktur Belmawa, kata sambutan sekaligus pemukulan gondang 9 oleh rector USU (Dr. Muryanto Amin, S.Si., M.Si), lalu pementasan kegiatan proyek /pameran mahasiswa, pengumuman pemenang, dan terakhir acara penutupan.

Adapun pementasan kegiatan proyek yang diperlombakan yaitu pementasan drama, tarian, puisi, lagu/vocal group/koor, parodi, focus group discussion (FGD), flyer, stand up comedy, siaran radio, dan debat.
Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc selaku ketua panitia dan merupakan Kepala LIDA USU memaparkan bahwa tahun pertama dalam perkuliahan adalah masa transisi yang sangat krusial bagi mahasiswa baru, untuk memulai dan merancang impian menjadi insan yang sukses, keinginan untuk memperoleh ilmu dan prestasi yang terbaik tentu memerlukan proses persiapan dan pembekalan yang berkualitas. Proses pembekalan di tahun pertama bukan hanya memberikan pembelajaran bersifat akademik, tetapi juga memberikan pembekalan karakter, menanamkan rasa kebersamaan, serta mengenalkan tata nilai BINTANG dan keunggulan akademik talenta.

“Melalui kegiatan MKWK FAIR 2022 ini, kita berharap MKWK berbasis proyek dapat menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat Sumatera utara khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” tutur Beliau.

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Si., M.Si dalam sambutannya berharap dengan adanya MKWK FAIR 2022 dapat memberi banyak manfaat serta dapat menambah karakter sebagai orang Indonesia yang beragam, multikultural dan bisa produktif untuk masa-masa yang akan datang. Beliau menginisiasi agar MKWK bisa menjadi satu kesatuan mata kuliah yang mengajarkan tentang pondasi seperti apa Indonesia yang cukup beragam.

“Mudah-mudahan MKWK FAIR 2022 bisa memberikan penguatan dan keberlanjutan program secara terintegrasi, terencana, dan menghasilkan banyak pemenuhan indikator yang kita inginkan,” tutup Rektor USU.

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Peringati Hari Lahir Pancasila, KSM Mahardika Adakan Konsep Webinar Politik

redaksi

Mengangkat Tema Persaingan Usaha, Study Visit BLS FH USU ke KPPU Kanwil I Sumut Harapkan Pemahaman Mendalam mengenai Persaingan Usaha di Kalangan Mahasiswa

redaksi

Digelar Secara Hybrid, PIMNAS ke-34 USU Resmi Dibuka!

redaksi