SUARA USU
Kabar Kampus

Sukses Gelar Webinar, ILSA USU Bahas Seputar Karier di Bidang Hukum

Reporter: Cory Patricia

Suara USU, MEDAN. ILSA (International Law Students Association) USU kembali mengadakan webinar lewat IUC (ILSA USU Career) 101. IUC 101 merupakan event law career yang diadakan oleh ILSA USU dengan membahas informasi seputar interview, rekrutmen, prospek karir, personal branding, LinkedIn, dan lain-lain. Webinar ini diadakan secara online selama dua hari yang dimulai dari 22 s.d 23 Januari 2022.

Di hari pertama, webinar IUC 101 menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu Yasyaa Roghy Syauqi selaku Associate Consultant di Glints Indonesia, Dinda Richfiela selaku Assistant Manager talent Acquisition & industrial Relations Harian Kompas & Kompas.id, dan Benedict Giankana R. Sowolino yang merupakan Legal Intern di Direktorat Legal Affairs and Territorial Treaties, Mof A.

Sesi pertama webinar membahas tentang personal branding, curriculum vitae (CV), dan profil LinkedIn. Materi ini dibawakan oleh Yasyaa Roghy Syauqi. Yasyaa menjelaskan bahwa pentingnya personal branding, CV, dan profil LinkedIn yang menarik untuk memudahkan pelamar pekerjaan dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

“Personal branding, CV, dan profil LinkedIn yang menarik itu penting. tujuannya apa, agar kalian bisa mendapatkan pekerjaan yang diminati. Look matters, Jikalau tampilan luar kalian sudah meragukan, kecil kemungkinan untuk bisa mendapatkan pekerjaan,” ungkap Yasyaa.

Pada sesi kedua, Dinda Richfiela menjadi pemateri dalam sesi ini. Ia membahas seluk beluk interview dalam dunia kerja. Spesifiknya, materi yang dijabarkan adalah hal-hal yang harus diperhatikan pelamar kerja saat pre-interview, during interview, dan post-interview.

“Untuk pre-interview itu lakukan research. Jadi, perusahaannya kaya apa, posisi yang dilamar gimana, research dulu. Kedua, saat interview itu sendiri. star methods nya ini; ceritain kondisi, apa tugas kalian, action, result. Intinya situasi yang kalian ceritakan nyambung dengan posisi yang kalian lamar. Terakhir adalah post-interview, ini yang jarang dilakukan. Post-interview ini cuman sekedar kaya kalian say thanks aja ke recruiter nya. Ini jarang banget dilakukan,” tutur Dinda.

Sesi terakhir dalam webinar  ini membahas tentang persiapan magang dan pelaksanaannya. Benedict Giankana R. Sowolino selaku pembicara terakhir dalam webinar hari pertama menekankan bahwa dalam persiapan magang, pentingnya melakukan research terhadap instansi ataupun posisi yang akan dilamar. Sedangkan pada saat pelaksanaan magang, Benedict menekankan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para pekerja di instansi terkait agar bisa menciptakan hubungan yang sehat saat berada di tempat kerja.

Pada Hari kedua pada event law career membahas topik yang cukup berbeda. Informasi yang dibicarakan di hari kedua adalah prospek karir di bidang hukum, yaitu Jaksa Penuntut Umum, Advokat, dan in House Counsel.

Narasumber yang hadir adalah Cindy Maharani Indira Bangsawan yang menjabarkan informasi tentang Jaksa Penuntut Umum, Noverizky Tri Putra nenjelaskan informasi seputar Advokat, dan Ruby Ayu Megadewani yang menjelaskan tentang in House Counsel.

Dalam acara ini, para peserta diarahkan untuk bergabung untuk mendengarkan narasumber menjelaskan materinya. Acara kedua ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, mempersembahkan sertifikat kepada narasumber, dan kata penutup dari moderator.

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PEMA Fasilkom-TI Adakan Kunjungan serta Diskusi Bersama KontraS Sumatera Utara

redaksi

BERAKSI GenBI x HIPMI: Kolaborasi untuk Lahirkan Pengusaha Muda

redaksi

Menyambut Dies Natalis ke-7 Tahun, Fakultas Kehutanan Adakan Aksi Gowes Sepeda dan Menanam Pohon di Kwala Bekala

redaksi