SUARA USU
Kabar Kampus

Syahrun, Mahasiswi Berprestasi Yang Menginspirasi

Suara USU, Medan. Sosok berprestasi kali ini hadir dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Mahasiswi ini acap kali disapa dengan pangggolan Syahrun. Ia dikenal sebagai Mahasiswa aktif di Universitas Sumatera Utara Jurusan Ilmu Administrasi Publik stambuk 2017, Wanita kelahiran 15 Desember 1998, berasal dari kota Aceh Tamiang. Sekilas ia terlihat seperti mahasiswi biasa pada umumnya, namun siapa sangka Syahrun memiliki segudang prestasi.

Syahrun yang mulanya berangkat menjadi anak perantauan yang berasal dari daerah Aceh Tamiang, tidak merasa minder ataupun kekurangan. Ia tetap optimis melangkahkan kaki untuk menuntut ilmu di Universitas Sumatera Utara.

Hingga ia pun berhasil menjadi salah satu penerima manfaat beasiswa dari Dompet Duafa yaitu Beasiswa Etos dan juga BIDKMISI USU. Berawal dari sinilah Syahrun bertekad menebar kebermanfaatan untuk banyak orang, khususnya untuk masyarakat serta mahasiswa lainnya.

Pada tahun 2017 yang merupakan awal perkuliahan hingga saat ini, Syahrun aktif dalam berbagai kegiatan organisasi maupun komunitas. Mulai dari menjadi Sekretaris Departemen UKMI As Siyasah (2019), Sekretaris Departemen Kebijakan Publik DPW KR FISIP (2019), Sekretaris Pemasaran Garda Media USU (2019), Bendahara Desa Produktif Etos Medan (2018), Sekretaris Lembaga Pers Mahasiswa Garda Media USU (2020).

Siapa sangka lewat pengalamannya saat ini, ia dapat membawa perubahan yang berpengaruh baik dalam maupun luar kampus, lewat program pengabdian masyarakat yang ia juga ia ikuti, sangat banyak relawan yang ikut berpartisipasi, dan terus menggerakkannya agar tetap aktif sampai sekarang.

Tidak hanya sampai di sini saja, Syahrun pun mencoba mengimplementasikan ilmu yang telah ia dapatkan selama perkuliahannya dengan mengikuti berbagai lomba LKTI dan debat di berbagai daerah di Indonesia. Segelintir prestasi yang ia raih diantaranya: Juara 3 Lomba Debat Nasional Pesta Ilmiah Sriwijaya, Palembang  (2018), Juara 2 LKTIN Trunojoyo Economic Event Madura  (2018), Juara 3 Debat Nasional Pendidikan Madura  (2019), Juara 1 Debat Nasional Silvikultur, Medan  (2019), Juara 3 Essay Etos Inovation, Yogyakarta (2019), Juara 1 Debat Pendidikan Antar Mahasiswa Se indonesia, Madura  (2020), dan Best Speaker Debat Pendidikan Antar Mahasiswa Se-Indonesia, Madura (2020).

Adapun prestasi yang terakhir di raihnya yaitu lomba debat lingkungan yang dilakukan secara online pada Agustus 2020 lalu, dan yang pernah mendapatkan penganugrahan prestasi mahasiswa USU pada Desember 2020.

Dengan Latar belakang kehidupan yang Sederhana, tak sedikitpun melunturkan semangatnya untuk tetap maju dan meraih  prestasi. Syahrun menjadikan dirinya sebagai sosok yang memiliki kompetensi yang tinggi, karena ia sangat menyukai kompetisi dan ingin menjadi yang terbaik. Dibalik sosoknya yang periang dan friendly ternyata ia merupakan sosok menakutkan di pentas debat, ia tak segan-segan mematahkan lawan bicaranya  dan meraih best speaker.

Syahrun sering berbagi informasi tentang pendidikan dan motivasi untuk mencintai diri sendiri. Personal branding yang telah dibangun diwujudkan dalam media sosialnya, sesuai minat yang ia geluti yaitu di bidang Public Speaking, Jurnalistik, Fotografi, dan Video Editing. Beliau juga mencoba menyalurkan apa yang ia ketahui kepada orang banyak. Selain sebagai mahasiswa aktif di kampus ia juga sering mengisi seminar atau pelatihan tentang soft skill seperti Beasiswa, writing, dan debat. Dia sangat ingin memotivasi orang-orang bahwasanya kita itu bisa karena terbiasa dan punya semangat untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan.

Pada tahun 2019 lalu, ia terpilih sebagai salah satu peserta Delegasi Nasional Study Tour To Tiongkok Oleh Kemenristekdikti, perkiraan hanya 14 hari di mana 2 hari pemberian pembekalan di Jakarta dan 10 hari berada di Tiongkok. Dengan begitu banyak hal tentang budaya di Tiongkok dapat ia ketahui. Salah satu hal yang berkesan juga bagi dirinya.

Syahrun memiliki jiwa kepribadian yang cukup menarik, type orang yang terbuka dan terus terang kepada orang lain. Ia juga memiliki prinsip ‘bodo amat’ artinya disini adalah ketika orang lain mengatakan apapun tentang dirinya ia tidak peduli. “Inilah aku”. Dan itu yang membuat dirinya selalu percaya diri tampil apa adanya.

Masih banyak lagi hal-hal yang bermanfaat yang ia lakukan, tampak jelas Syahrun selalu bergerak dan berdampak, mulai hal yang kecil hingga yang besar dapat membawa perubahan untuk dirinya, keluarganya, maupun orang yang berada disekitarnya. Syahrun memiliki sebuah motto hidup yang selalu menjadi pegangannya, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain” menjadi motto hidupnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Bank Indonesia Adakan Event Dorong Perekonomian Sumut

redaksi

KPS FH USU Gelar Webinar Series Peringatan Hari Anti Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan Narkotika

redaksi

Siap Cetak Penulis Handal, Fosil FH USU Open Recruitment

redaksi