SUARA USU
Kabar Kampus

Keluar dari 20 Besar, Terjun Bebas Peringkat USU Versi Webometrics

Oleh: Muhammad Fadhlan Amri

Suara USU, MEDAN. Webometrics merupakan salah satu dari beberapa lembaga yang melangsungkan pemeringkatan universitas di dunia. Saat ini, dilansir dari situs resminya, Webometrics saat ini melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

Dr (h.c.) Isidro F. Aguillo, salah satu inisiator Webometrics menyatakan, bahwa Peringkat Webometrics memiliki cakupan yang lebih besar daripada peringkat serupa. Peringkat ini tidak hanya terfokus pada hasil penelitian tetapi juga pada indikator lain yang mungkin mencerminkan kualitas global institusi sarjana dan penelitian di seluruh dunia.

Jika kinerja web sebuah institusi berada di bawah posisi yang diharapkan sesuai dengan keunggulan akademis mereka, otoritas universitas harus mempertimbangkan kembali kebijakan web mereka, meningkatkan volume dan kualitas publikasi elektronik mereka secara substansial.

Universitas Sumatera Utara sendiri tahun ini, dibawah kepemimpinan Rektor Muryanto Amin mengalami penurunan pemeringkatan. Dimana, pada tahun sebelumnya di Juli 2020, USU memperoleh peringkat 8 di Indonesia. Per 29 Juli 2021 lalu, kita harus bersabar dan menduduki peringkat ke 24 nasional dan 3183 dunia.

Tidak lebih baik dari Universitas Narotama Surabaya, USU juga 5 podium dibawah tetangganya dari tanah Rencong, Universitas Syiah Kuala yang berhasil meraih peringkat 19, sekaligus mengamankan klasemen 20 besar di tingkat Indonesia.

Tentunya, penurunan peringkat versi Webometrics harus disikapi dengan evaluasi mendalam oleh pihak Rektorat, mengingat Webometrics adalah salah satu lembaga pemeringkatan yang kredibel dan acap kali dijadikan acuan di kalangan akademisi.

Evaluasi di berbagai sektor seperti pelayanan mahasiswa, penelitian dan infrastruktur harus digenjot ke titik tertinggi untuk peringkat yang lebih baik lagi. Mempertahankan pencapaian 10 besar nasional di tahun lalu harus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya, mengingat USU adalah representasi Sumatera Utara di dunia akademis.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bekerja Sama Dengan BRIN, Sastra Indonesia USU Selenggarakan Bimtek Penulisan Essai

redaksi

Hadirnya Pengamen Ganggu Kenyamanan Mahasiswa USU, Pihak Keamanan Kampus Diminta Bertindak Tegas!

redaksi

MUSKOM GEMA PUJAKESUMA USU, Siap Lestarikan Budaya Jawa!

redaksi