Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Tiga Mahasiswa USU Berhasil Torehkan Prestasi Pada Ajang Duta Bahasa Sumatera Utara 2021

Oleh: Shevilla Mayori

Suara USU, Medan. Genap seminggu lebih satu hari, acara puncak pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara 2021 telah resmi berlalu. Acara puncak tersebut digelar pada 30 Mei 2021 lalu oleh Balai Bahasa Sumatera Utara di hotel Emerald Garden, Medan. Tidak disangka, diantara para finalis yang berkompetisi terdapat tiga mahasiswa Universtitas Sumatera Utara berhasil meraih gelar juara. Mereka adalah Ananda Rizqullah sebagai Duta Bahasa Utama (Mahasiswa Arsitektur USU 2020), Shevilla Mayori sebagai Wakil I Duta Bahasa (Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2019), dan Haisyah Hani sebagai Duta Bahasa Favorit (Mahasiswi Biologi 2018).

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara merupakan ajang tahunan yang rutin dilaksanakan. Para duta yang terpilih diseleksi berdasarkan kegiatan saat karantina dan kemampuan berbahasa, baik bahasa Indonesia yang diukur menggunakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), kemampuan berbahasa daerah, maupun kemampuan berbahasa asing. Setiap tahun, Sumatera Utara menyumbang peserta untuk melaju ke ajang Duta Bahasa Nasional, yakni pemenang I dengan predikat Duta Utama, yang pada tahun ini jatuh kepada Ananda Rizqullah, seorang mahasiswa di Universitas Sumatera Utara

Mengikuti ajang Nasional merupakan kebanggaan yang luar biasa bagi setiap orang, tidak terkecuali bagi Ananda Rizqullah. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Ananda seusai acara puncak dilaksanakan. Ia mengungkapkan merupakan sebuah kehormatan menjadi peraih duta bahasa utama.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi Saya untuk bisa membawa nama Sumatera Utara di tingkat Nasional. Ini bukan amanah berat tapi besar, karena kalau berat itu soal rasa dan cara pandang. Namun kalau besar berarti ada ukurannya. Saya yakin dengan dukungan orang-orang terdekat saya, seperti Tresia sebagai pasangan dan 18 teman teman dubas 2021, balai bahasa, doa keluarga dan teman-teman semua yang mengetahui ini, Insya Allah amanah ini akan tuntas dikerjakan,” ucapnya

Hal yang sama juga dilontarkan oleh Shevilla Mayori, Wakil I Duta Bahasa Sumatera Utara 2021 dari jurusan Ilmu Komunikasi USU. Baginya, mengikuti ajang Duta Bahasa telah adalah bagian dari pengalaman yang luar biasa. Pembekalan yang diberikan sangat bermanfaat, apalagi materi kebahasaan sesuai dengan jurusannya, Ilmu Komunikasi.

“Biarpun tidak menjadi Duta Utama, saya bangga dan bersyukur atas pencapaian ini. Saya sangat senang bisa melihat Ananda maju sebagai perwakilan dari Sumatera Utara. Kami disini akan terus menyokong keberhasilan mereka dan menjalankan amanah untuk menyosialisasikan bahasa yang baik dan benar di Sumatera Utara,” papar Shevilla.

Dan tidak ketinggalan, ada satu lagi mahasiswi USU yang meraih gelar juara Duta Bahasa Favorit Sumut 2021 yaitu Haisyah Hani. Ia mengaku sangat bangga dan bersyukur mendapatkan gelar baru sebagai Duta favorit. Hani juga berharap gelarnya bukan hanya sekedar julukan tetapi dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Hand Sanitizer Langka dan Sulit Didapat? Berikut Cara Mudah Membuatnya..

redaksi

Periode Ke-III, USU Kembali Gelar Wisuda Secara Daring

redaksi

Gelar Seminar Pemberantasan Korupsi, Suara USU Hadirkan Wakil Ketua KPK

redaksi