SUARA USU
Kabar Kampus

Tim CoCandy-19 dari USU Lulus Nasional Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia!

Oleh: Muhammad Fadhlan Amri

Suara USU, MEDAN. USU kian hari kian berbenah lewat berbagai program dan sektor, salah satunya peningkatan prestasi mahasiswa di bidang nasional. Kabar baik kali ini datang dari lulus nasionalnya Tim CoCandy-19 di Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI).

Tim CoCandy-19 sendiri dinahkodai oleh Billy Dimas Anggoro, Anas Alfarizi, dan Fimanda Yudha Nasution, dengan dosen pembimbing, Doli M Jafar Dalimunthe, SE, M.Si. Untuk produk, Anas menuturkan bahwa CoCandy-19 ini adalah Permen yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan yang memiliki khasiat, salah satunya dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan lebih sulit terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

Fimanda Yudha menjelaskan bahwa proses dari lulusnya CoCandy-19 ini dimulai dari membuat proposal usaha yang sudah dijalankan.

“Jadi proses awalnya itu dari membuat proposal dari usaha yang sudah kita jalankan. Yang mana templatenya itu kita ambil dari web Kemendikbud, di PKMI itu sendiri. Lalu, kita susun proposalnya kita ajukan ke BKK USU, di BKK disortir mana proposal yang memenuhi kriteria dan segala macamnya dari berbagai aspek, lalu dipilihlah 20 besar untuk dikirim ke pusat. Lalu dari Kemendikbud, di USU ada 2 tim yang lolos nasional dan pendanaan dengan nominal yang berbeda,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Teknik ini juga melanjutkan bahwa ia tidak mengalami banyak kendala berarti ketika mendaftar dan proses seleksi berlangsung.

“Kendala bisa dibilang tidak ada, hanya saja ketika mendaftar kami minim sekali informasi begitu. Sehingga akhirnya kami menanyakan ke pihak fakultas. Nah di pihak Fakultas ini justru banyak pegawainya yang tidak tahu program ini. Disitu kami bertanya-tanya kenapa fakultas ngga tahu informasi beginian. Barulah kami tanyakan ke salah satu dosen dari situlah kami mendapatkan informasi yang jelas tentang program ini. Barulah kami mengirimkan proposalnya ke BKK USU,” paparnya.

Billy juga menuturkan bahwa program ini amat penting bagi mahasiswa, khususnya stambuk 2020. Program ini menurutnya mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan, serta memiliki banyak benefit lainnya untuk mahasiswa.

“Kalo menurut kami program ini sangat penting, jadi untuk adik-adik kami yang semester depan bisa ikut program ini, ikutilah program ini. Program ini mengasah kita untuk memanage usaha kita dari level paling kecil, sehingga harapan kita pasca kampus kita tidak hanya mengharapkan pekerjaan, namun juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Jadi program ini membuka batasan-batasan dalam diri kita untuk berkreasi, berkarya dan bermanfaat bagi orang lain, itu mungkin ya” pungkasnya

Redaktur: Zukhrina Az-ZUKHRUF

Related posts

IMT-GT 2021, Lembaga Kesenian USU Raih Predikat The Best Cultural Performance!

redaksi

Jubir Muryanto Amin Sebut SK Rektor USU No.82 Belum Final dan Mengikat

redaksi

Tingkatkan Pemahaman Bisnis Digital, HMI Gelar Seminar Nasional dan Talk show Inspiratif

suarausu