SUARA USU
Kabar Kampus

Tim PKM USU Gelar Praktik Pemanfaatan Feses Sapi

Oleh: Septi Nurhayati dan Nurhalimah Rahmi Batubara

Suara USU, Medan. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (PKM USU) menggelar kegiatan pemanfaatan feses sapi di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat pada Sabtu, (06/11/2021).

Bertema “Pemanfaatan Kotoran (Feses) Sapi Menjadi Kompos”, tim PKM terlebih dahulu menyiapkan beberapa hal seperti membuat surat izin pelaksanaan kegiatan, merancang materi, menyiapkan modul dan souvenir, serta beberapa teknis yang akan berjalan selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan Pegabdian ini dihadiri oleh para pejabat desa dan perangkat desa yang ada di daerah tersebut. Turut juga dihadiri oleh Pindi Patana selaku Ketua Tim pelaksanaan pengabdian dan Bapak Ir. R. Edhy Mirwandhono, selaku ketua tim pelaksanaan Pemanfaatan Kotoran (Feses) Sapi Menjadi Kompos di Dusun Pulau Pisang (Timbang Lawan).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.00 WIB
dengan penyampaian materi pembuatan kompos dari kotoran sapi oleh Ir. R. Edhy Mirwandhono, dan dilanjutkan dengan praktik langsung oleh masyarakat dan beberapa mahasiswa yang ikut serta dalam program pengabdian desa binaan ini.

Masyarakat sekitar yang mengikuti kegiatan ini terlihat antusias dengan materi yang diberikan. Dalam paparannya, panitia pelaksana juga berharap masyarakat yang mengikuti kegiatan ini mampu mengaplikasikan pemanfaatan feses sapi inj di rumah masing-masing.

Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 16.00 WIB diakhiri dengan sesi foto bersama oleh tim pelaksana dengan masyarakat untuk menjadi kenangan yang bermanfaat.

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

IMADIP “Renaissance Cup 2023” Telah Usai, Peserta Keluhkan Hal Ini

redaksi

Adakan Rekrutmen Terbuka, GDSC USU Siap Wadahi Mahasiswa Kembangkan Teknologi

redaksi

Mahasiswi FKM USU Ajak Siswa SD Al-Washliyah 30 Medan Labuhan Cegah Diare dengan Terapkan PHBS

redaksi