Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Entertaiment

True Beauty: Yang Cantik Selalu Dihargai?

Penulis: Valeshia Trevana

Drama korea yang sangat populer di kalangan masyarakat sejak perilisannya pada tanggal 9 Desember 2020. Drama ini diangkat dari salah satu serial webtoon karya Yaongyi yang berjudul The Secret of Angel yang disingkat TSOA. True Beauty di produksi oleh Bon Factory World Wide Studio dan memiliki 16 episode. Menurut beberapa website yang kerap kali menayangkan drama ini, setiap episode rilis pada hariRabu dan Kamis. Drama ini kerap diperbincangkan oleh masyarakat karena alurnya yang terbilang menarik dan chemistry pemain yang membuat penggemar film ini baper habis-habisan. Terlihat dari postingan laman Tiktok penggemar True Beauty ini, mereka terbagi menjadi dua tim. Ada yang menggunakan #TIMSEOJUN dan #TIMSUHO.

Drama ini bercerita tentang kisah Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) atau yang kerap disapa Ju Kyung yang tidak percaya diri dengan penampilan dan wajahnya yang penuh dengan jerawat. Tak jarang ia di ejek si buruk rupa oleh keluarga ayahnya bahkan teman-temannya menjauhi dirinya. Bahkan, dirinya sering dibully oleh teman-teman semasa sekolahnya, dijadikan pesuruh, dan Ju Kyung pun nyaris bunuh diri. Untungnya, niat buruk itu digagalkan oleh Lee Su Ho (Cha Eun Woo) yang teringat akan temannya, Jung Se Yeon, yang meninggal bunuh diri di gedung tersebut. Ketika Ju Kyung pulang kerumahnya, keluarganya sedang mengalami musibah. Ayahnya tertipu oleh temannya dan uang yang seharusnya mereka gunakan untuk membayar sewa apartemen ludes tak tersisa. Dengan berat hati, keluarganya kembali kerumah mereka. Berbanding terbalik dengan keluarganya, Ju Kyung merasa senang dikarenakan dia tidak harus bertemu dengan para pembully disekolahnya dikarenakan ia akan pindah ke sekolah barunya. Namun karena trauma bullying yang dilakukan temannya, dia memutuskan untuk memakai riasan yang cukup tebal untuk menutupi jerawatnya.

Dirumah lamanya, gadis itu merasa senang. Dia kembali ke toko komik tempatnya sewaktu kecil bersantai. Namun, ketika gadis itu ingin mengambil komik yang pada sat itu Su Ho juga ingin mengambil itu. Dan pada saat itu juga, terjadilah insiden perebutan komik yang berakhir Ju Kyung dan Su Ho jatuh bersama.

Ketika Lim Ju Kyung hendak membeli alat rias, dia melihat Sae Mi, orang yang merundungnya. Akhirnya ia mengurungkan niatnya untuk membeli alat rias itudan langsung bergegas pergi dari sana. Sialnya ketika ia berlari, seorang menabraknya hingga mereka jatuh bersama. Pria itu bernama Han Seo Jun (Hwang in Yeop), yang sedang dikejaroleh sgerombolan geng motor. Melihat situasi mendesak itu, Ju Kyung berinisiatif menyalakan sirine polisi lalu setelah itu gadis itu kabur dengan membawa helm Seo Jun.

Ketika berjalan menuju sekolah, Seo Jun masuk dengan motor sport miliknya. Mengetahui kembalinya Seo Jun kembali bersekolah, Isu tentang tidak akurnya hubungan Seo Jun dan Su Ho pun terdengar. Pada hari kedua Seo Jun masuk sekolah, dia mengenali Ju Kyung dan meminta helmnya kembali.Disekolah barunya, Lim Ju Kyung diterima dan disambut dengan baik oleh teman-temannya. Tak jarang ada yang memuji dan mengatakan gadis itu seperti malikat. Ju Kyung juga mendapat teman baru yang sangat menyayangi dan menghargainya. Dan dia pun terkejut ketika dia melihat Su Ho juga berada dikelas yang sama dengannya.

Namun ketika ia sedang menghabiskan waku dengan sahabatnya, tak jarang ia bertemu dengan Sae Mi. Karena pengalaman bullying, Ju Kyung terus menerus menghindari Sae Mi yang membuat Sae Mi yang tidak mengenali wajah ju Kyung dan Soo Jin pun bingung dibuatnya. Mengapa Ju Kyung terlihat setakut itu pada Sae Mi? Setiap bertemu dengan Sae Mi, Ju Kyung selalu menarik tangan Soo Jin dan Soo Ah untuk menjauh dari cewek itu.

Suatu hari terdengar kabar bahwa Seo Jun, yang merupakan incaran dari geng motor yang merupakan pacar dari Sae Mi, berkencang dengan Lim Ju Kyung. Kemudian tersebarlah foto Ju Kyung dengan make up. Gadis itu terlihat cantik membuat Sae Mi semakin gencar untuk menemui Ju Kyung. Padahal faktanya saat itu Ju Kyung sama sekali tidak berkencan dengan Seo Jun, melainkan dengan Su Ho. Namun Su Ho dan Ju Kyung sepakat untuk tidak mempublikasikan hubungan mereka. Sebagai sahabat, Ju Kyung ingin memberitahu Soo Jin bahwa dia dan Su Ho berkencan, tetapi saat ia ingin memeritahukan kabar bahagia itu, Soo Jin mengakui bahwa gadis itu mencintai Su Ho. Hal itu membuat Ju Kyung mengurungkan niatnya untuk memberitahu Soo Jin tentang hubungannya dengan Su Ho. Tetapi, pada akhirnya ia tetap memberanikan diri untuk memberitahu Soo Jin tentang hubungannya dengan Su Ho.

Mengetahui Su Ho berkencan dengan lim Ju Kyung, Soo Jin yang telah bersahabat dengan Su Ho selama sepuluh tahun merasa cemburu dan marah. Namun ia tetap terlihat berteman dengan Ju Kyung. Akan tetapi, Soo Jin diam-diam bersekongkol dengan Sae Mi, untuk membongkar wajah asli Ju Kyung, berharap dengan adanya itu Ju kyung akan hancur dan hubungannya dengan Su Ho berakhir.

Melihat wajah aslinya tersebar di komunitas sekolah mereka, Ju Kyung merasa malu. Dia melihat tatapan semua temannya seakan mencemooh dirinya. Soo Ah, sahabatnyapun menjauhi dirinya. Semua teman-temannya yang memuji dirinya berbalik mencemoohnya. Ju Kyung berlari keluar kelas dan meninggalkan sekolah.

Ketika sampai dirumah, ibu Ju Kyung menatap anaknya dengan marah. Dikarenakan ia tidak fokus terhadap belajar, melainkan mencari uang untuk belajar make up. Dengan marah ibunya menyuruh Ju Kyung untuk menarik uang yang telah dibayarnya dengan kursus make up tersebut. Saat itu juga Ju Kyung marah bahkan gadis itu membentak ibunya. Ia memohon kepada ibunya untukmengizinkannya melakukan apa yang ia senangi. Namun ibunya tidak mendengarnya sama sekali. Keesokan harinya, Ju Kyung tidak masuk sekaolah sama Sekali.

Mendapati anaknya bertingkah seperti itu, ibunya marah dan memutuskan untuk menemui wali kelasnya, bertepatan dengan sang wali kelas juga ingin memanggil orang tua Ju Kyung untuk membicarakan perihal video bullying yang dialami Lim Ju Kyung. Ibu Ju Kyung mengeluh tentang bagaimana putrinya marah dengannya hanya karena perihal make up. Namun wali kelas Ju Kyung mengatakan bahwa ibuJu Kyung harus mengetahui apa yang telah putrinya alami sembari menunjukan video bullying yang dialami Ju Kyung. Meihat itu, ibunya menyadari betapa bodohnya ia sebagai ibu, hanya karena Ju Kyung selalu tersenyum dia mengira bahwa putrinya baik-baik saja. Dia sangat menyesali semua yang telah dialamiputrinya, dan mengizinkan Ju Kyung untuk melakukan apa yang dia suka.

Lantas apakah perbuatan Soo Jin diketahui oleh teman-temannya?. Apakah Ju Kyung akan melarikan diri lagi seperti yang dilakukannya sebelumnya?. Apakah Su Ho dan Ju Kyung akan putus?.

Pesan yang bisa kita ambil dari cerita ini adalah setiap orang cantik menurut caranya masing-masing. Kedua, setiap orangtua selalu ingin yang terbaik buat anaknya, walau terlihat terlalu memaksa dan sesuatu yang salah, kita bisa bicara dengan baik.

Penyunting: Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Khawatir Pakai Zoom? Berikut 5 Alternatif Aplikasi Meeting Daring

redaksi

Kepergian Lionel Messi: Murni Taktis atau Strategi Bisnis?

redaksi

Stuck With You, Sebuah Dedikasi di Tengah Pandemi

redaksi