SUARA USU
Kabar SUMUT

Turnamen Mini Soccer 2024: Kolaborasi Antara Yayasan Tunas Bangsa Soposurung dan Paryasop Medan

Reporter: Anjali/Axfeba Saragih/Nurul Arief

Suara USU, Medan. Turnamen mini soccer merupakan kegiatan perdana kolaborasi antara Yayasan Tunas Bangsa Soposurung dengan  Paryasop Medan. Kegiatan yang digelar di Lapangan Medan Mini Soccer. Yayasan TB Soposurung merupakan salah satu yayasan yang bergerak di bidang pendidikan di Indonesia yang awalnya didirikan pada tahun 1992 yang tujuan didirikannya YTBS ini dahulu ialah untuk mewujudkan cita-cita bona pasogit atau istilah lain kampung. Serta untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, berkarakter mulia, dan dapat berdaya saing tinggi yang sesuai dengan motto Yasop sendiri yaitu cerdas, mulia, nasionalis.

Dengan mengusung tema God is Good, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperluas networking dan mengenalkan Paryasop ke khalayak umum. Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan opening ceremony pada Minggu (02/06), dilanjutkan pertandingan mini soccer antar tim, dan closing ceremony pada Minggu (09/06). Adapun penanggung jawab kegiatan ini adalah alumni SMA Yayasan Tunas Bangsa Soposurung, Abangda Hendri Napitupulu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Abangda Luthfi Krida Silalahi selaku ketua dewan pembina, serta Abangda Indra Tambunan selaku sekretaris yayasan. Telah hadir juga Pak Henri Napitupulu selaku penasihat mereka. Tak hanya itu, pada opening ceremony dihadiri oleh Ketua Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam), Kolonel Yuwono Arm, S.Sos., M. M., M.Han., M.I.P..

Walau terik matahari menyengat, namun tidak memupuskan semangat ke-12 tim untuk bertanding secara suportif di tengah lapangan. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00-17.30 berlangsung dengan meriah, ditambah supporter yang turut mendukung masing-masing tim kebanggaan mereka.

Pada babak penyisihan, terdapat empat tim yang masuk kedalam babak semifinal. Keempat tim itu ialah FC Sosi, Juragan FC, dan Gasztrom FK, Aek United. Juara pertama berhasil dimenangkan oleh FC Sosi, selanjutnya oleh Juragan FC, dan juara terakhir ditempati oleh Gasztrom FK. Tidak hanya itu, FC Sosi juga berhasil memperoleh kategori best player dan top score dengan mencetak 11 gol sepanjang pertandingan.

Fahmi Angga Pratama selaku kapten FC Sosi menjelaskan bahwa ia sangat senang ikut berpartisipasi dan berhasil merebut juara pertama di turnamen ini. Ia juga berharap kegiatan ini akan dilaksanakan lagi para tahun depan sebab acara ini telah dilaksanakan secara lancar dan banyak hadiah. Ia juga berharap agar acara ini bisa lebih terbuka untuk umum.

Menariknya, dengan proses persiapan yang singkat, namun kegiatan turnamen ini sukses diselenggarakan. Namun tentu saja kendala tidak dapat terelakkan, seharusnya terdapat 16 tim yang mengikuti, namun hanya 12 tim yang akhirnya berpartisipasi karena beberapa tim mengalami kendala pada saat pendaftaran

“Ada beberapa kendala yang dihadapi selama kegiatan ini berlangsung adalah sulitnya mengumpulkan para peserta untuk mengikuti opening ceremony dan masih kebingungan mengenai sistem peraturan perlombaannya. Karena baru pertama kali, jadi kami juga masih lumayan bingung mengenai peraturan perlombaan mini soccer ini. Namun, para peserta dapat berkoordinasi dengan wasit untuk memahami peraturan yang diperlukan,” ujar Fatwa Christian Manullang selaku ketua panitia acara ini.

Kegiatan soccer ini dilaksanakan berdasarkan adanya ide dari alumni angkatan pertama yasop dengan alumni yasop yang berada di Medan mengenai kegiatan apa yang dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan Yayasan TB Soposurung ini sehingga dapat membangun relasi antara tim yang mengikuti pertandingan mini soccer ini. Mini soccer ini sendiri terbuka untuk khalayak umum tidak hanya untuk muda-mudi melainkan hingga umur 30-an. Oleh karena itu, karena kegiatan ini dibuka untuk umum, tentu ini dapat menjadi batu loncatan bagi YTBS sendiri untuk memperkenalkan Yayasan ini kepada khalayak umum.

“Harapannya kegiatan ini terlaksana dengan baik tanpa adanya cedera ataupun perselisihan saat pertandingan dan Yayasan TB Soposurung dapat semakin dikenal khalayak umum,” tutup Fatwa.

Redaktur: Khalda Mahirah Panggabean


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kota Medan Kembali Raih Piala Adipura, Bobby: Kolaborasi Pemerhati Lingkungan dan Sampah

redaksi

Mahira Dinabila, Sosok Hingga Kejanggalan dalam Kematian

redaksi

Efektivitas Asistensi Rehabilitasi Sosial Berbasis Residensial Terhadap Korban Penyalahgunaan NAPZA di Sentra “Insyaf” di Medan!

redaksi