Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

UKM Fotografi USU, Wadah Penggiat Seni Fotografi

Penulis : Hafaz Sofyan

Suara USU, Medan. Berbicara tentang seni, tak lengkap rasanya jika tidak membahas fotografi. Karena fotografi sendiri tidak hanya sekadar memotret, melainkan juga memiliki seni dan filosofi tersendiri untuk pemirsanya.

Di Universitas Sumatera Utara terdapat UKM yang berkonsentrasi di bidang seni fotografi. UKM Fotografi USU namanya, atau biasa disingkat dengan UKMF. UKM ini juga merupakan salah satu UKM Jurnalistik. Sementara ini, UKMF memiliki 80 personil, yang terdiri dari angkatan 11, 12, dan 13.

Para anggota UKMF tidak hanya sekadar mempelajari fotografi secara teori, melainkan juga belajar teknik-teknik pemotretan secara langsung. Dengan diadakannya hunting, para anggota bisa mengaplikasikan materi-materi yang didapatkan secara langsung.

UKMF juga mengadakan banyak agenda di setiap tahunnya. Seperti perekrutan anggota baru dan pelatihan fotografi. Disela-sela perkuliahan, UKMF juga mengadakan field trip dalam rangka hunting, seperti ke Silalahi dan Bukit Lawang.

Tidak hanya itu, UKMF juga mengadakan pameran yang memuat karya-karya anggotanya sendiri, serta rutin mengikuti agenda seputar fotografi yang diadakan oleh pihak luar kampus, seperti Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia (JFMI) yang diadakan di Bali pada tahun lalu.

Untuk kamu yang berminat mendaftar menjadi anggota UKMF, tetapi belum memiliki kamera, jangan langsung putus semangat. Karena UKMF sendiri tidak mewajibkan calon anggotanya untuk memiliki kamera sendiri. Karena yang dituntut di awal ialah kemauan dan niat dari calon anggota itu sendiri.

Sebagai informasi, di UKMF kamu tidak hanya dituntun untuk lihai dalam memotret. Namun, nantinya bakal banyak benefit yang akan kamu dapatkan, seperti manajemen waktu, cara mengurus sebuah acara/event, dan lain-lain.

Waktu kamu juga tidak akan dibiarkan kosong tanpa kegiatan, karena UKMF juga mengadakan challenge secara rutin, yaitu memotret sebuah objek dengan tema yang ditentukan, tanpa persyaratan alat khusus seperti kamera.

Karya-karya UKMF

Nah, untuk karya yang terbaik, nantinya akan dipublikasikan ke akun instagram UKMF. Dengan tujuan untuk memacu semangat dari tiap anggota, dan untuk mengasah kemampuan mereka.

Karya-karya UKMF
Karya-karya UKMF

Sebagai salah satu pengurus UKMF, Dandi mengatakan, bernilainya suatu karya foto ketika pesan yang terkandung dapat tersampaikan kepada pemirsanya, “Foto tidak harus memiliki makna. Namun, pesan yang terkandung di dalamnya lah yang
harus tersampaikan,” tuturnya.

Perekrutan anggota baru untuk angkatan 14 rencananya akan diadakan di awal semester baru, dan akan dibuka untuk seluruh mahasiswa stambuk 2019, 2020, dan 2021.

Untuk kamu yang berminat, persiapkan niat dan tekad yang kuat, dan diiringi dengan usaha dan doa.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Phadrel: Inovasi Plester Anti Jerawat dari Tanaman Jarak Pagar!

redaksi

Adakan Survei, PEMA FISIP USU Inisiasi Gerakan Keadilan UKT

redaksi

UKM IMPM Open Recruitment, Wujudkan Inovasi-inovasi Baru dalam Pengabdian Masyarakat!

redaksi