SUARA USU
Kabar Kampus

UKM Robotik Sikonek Adakan Rekrutmen Terbuka

Oleh : Nabila Lutfyyana

Suara USU, Medan. UKM Robotik Sikonek USU mengadakan open recruitment sejak tanggal 28 Desember 2021 dan ditutup pada 8 Januari 2022. UKM yang diresmikan pada 4 Februari 2011 ini adalah UKM yang bergerak di bidang robot, teknologi terbaru, dan IoT (Internet of Things). Divisinya terdiri atas Divisi Hubungan Masyarakat, Inventaris, Penelitian dan Pengembangan, serta Kewirausahaan.

Refali Nizlansyah Simanjuntak selaku Ketua Panitia rekrutmen terbuka ini menjelaskan jika tidak ada batasan bagi mahasiswa untuk mendaftar, “untuk target tahun ini, UKM tidak membatasi peserta yang mendaftar, sementara untuk target yang akan diterima sekitar 40 orang”

Refali juga menambahkan bahwa proses rekrutmen diadakan dalam 3 tahap

Open recruitment kami ini ada 3 tahap. Yang pertama adalah seleksi berkas, yang kedua adalah tes wawancara secara online, dan yang ketiga adalah tes pembuatan alat dari setiap peserta yang lolos pada tahap kedua tadi. Di tahap ketiga ini, peserta akan diberikan tugas untuk membuat alat semampu peserta berdasarkan referensi bacaan yang kami berikan dan pengumpulannya dapat berupa video atau presentasi lewat Zoom. Untuk penilaian akan dilihat berdasarkan tingkat kesulitan dan kemenarikan alat tersebut,” jelasnya.

Ketika ditanya tentang keistimewaan UKM Robotik Sikonek ini, Refali mengunggulkan tentang robot dan perangkat IoT, “calon anggota UKM Robotik Sikonek ini nantinya akan  mempelajari hal-hal terkait dengan robot, teknologi terbaru, dan IoT. Mahasiswa juga dapat berprestasi bersama UKM ini melalui kontes-kontes robot dan IoT baik secara regional maupun internasional. Di UKM ini, mahasiswa bukan hanya belajar, namun juga dapat melatih kerja sama tim dalam membuat suatu teknologi berupa robot maupun perangkat IoT. Mahasiswa juga diberikan fasilitas yang memadai untuk mencapai prestasi terutama di bidang robotik.”

Sebagai Ketua Panitia, Refali berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih mengembangkan diri dalam bidang robotik dan IoT, “harapan saya, dengan diadakannya open recruitment ini dapat memotivasi kawan-kawan mahasiswa dan sebagai wadah untuk belajar mengembangkan diri dalam bidang robotik dan IoT sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik bagi USU serta sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.”

Harapan lain juga disampaikan oleh Ketua UKM Robotik Sikonek, Rifqi Izlal Ariq, “melalui oprec tahun ini, diharapkan banyak mahasiswa mahasiswi bertalenta dan mempunyai niat yang kuat untuk bergabung ke UKM kita, sehingga melalui UKM ini kita bisa lebih banyak mengasah kemampuan dan membanggakan almamater,” ungkapnya.

Mahasiswa yang tertarik untuk bergabung ke UKM Robotik Sikonek dapat mengakses persyaratan dan informasi lebih lanjut melalui akun @roboticusu di Instagram serta mengisi link pendaftaran di bit.ly/OprecSikonek2022.

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Peduli Semeru Jadi Tajuk Kolaborasi UKM USU!

redaksi

Adakan Rapat Kerja, Ketua IMIKS USU Harapkan Adanya Aktualisasi Program Kerja

redaksi

Wisuda Kehutanan, Momentum Rimba Rebel Bangkit Kembali

redaksi