SUARA USU
Kabar Kampus

USU E-Sport: Tidak hanya main game!

Oleh: Mei Rosalina Turnip

Suara USU, MEDAN. Game online saat ini menjadi salah satu hiburan yang tak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia berbagai lapisan, salah satunya mahasiswa. Untuk mahasiswa USU yang masih mencari wadah untuk mengembangkan skill dan kebermanfaatannya lewat e-sport, mungkin bisa coba mengenal lebih dekat USU E-sport.

Unit Kegiatan Mahasiswa yang baru dibentuk pada Maret tahun lalu ini ternyata cukup diminati dikalangan mahasiswa pencinta game. Bahkan, sudah menjuarai puluhan kompetisi tingkat kota Medan yang dibuktikan dengan sertifikat. “Tahun 2019 lalu kita juga pernah menjuarai MLCC tingkat Nasional juara 6 dan mendapat predikat people Champions,” tambah salah satu founder USU E-Sport tersebut.

Bermula ketika Akbar  melihat banyak sekali gamer mahasiswa di universitas Sumatera Utara, akan tetapi mereka tidak ada wadah untuk menuangkan minat bakat dan ketertarikan mereka pada Games terutama E-sport.

Disaat yang bersamaan pula ada sebuah pendaftaran dari Game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) untuk menjadi seorang Moonton Student Leader yang tugasnya membangun E-sport Enviroment di kampus-kampus yang ada di Indonesia . Akbar Muhammad kemudian terpilih menjadi salah satu Moonton Student Leader batch pertama di Indonesia dan merupakan yang pertama di Sumatera Utara.

“Kita bentuk USU E-Sport bukan cuma buat senang senang aja. Jadi sesuai visi kita untuk mewujudkan Unit kegiatan Mahasiswa yang prestatif dan berwawasan digital.  Kita membentuk organisasi ini biar mahasiswa yang hobi main game itu bisa diarahkan ke kompetisi tingkat kota, nasional dan internasional,” jelas Akbar.

Di USU E-Sport kegiatannya ada banyak jadi gak hanya berfokus pada bermain game. Ada divisi nongame seperti : Content creator, Coach player, dan Talent Caster.

Ada juga kegiatan sebelum pandemi, bisanya mengadakan gathering mingguan untuk kumpul dan ajang silaturahmi serta mengevaluasi kegiatan Minggu sebelumnya . Kalau kegiatan sebulan sekali, diadakan turnamen bulanan antar kampus atau antar sekolah setingkat kota Medan. Kalau untuk kegiatan tahunan, akan diadakan MLCC dan beberapa event tingkat nasional lainnya.

“Kedepannya, semoga USU E-sport di tahun ini bisa menjadi UKM, divisinya semakin banyak dan gak hanya beberapa games aja, dan gak hanya bergerak di bidang games lagi tapi sudah mulai ke Event Organizer skala besar, Caster talent, streamer, digital marketing, game design dan lainnya,” tutup Akbar.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bersama Mahasiswa USU Menghilangkan Rasa Takut yang membayangi Perempuan Korban KDRT

redaksi

Rekrutmen Terbuka IMIB USU, Eratkan Kawan Sekampungan di Perantauan

redaksi

Mahasiswa USU Stambuk 2022: Beraktivitas Tanpa KTM

redaksi