SUARA USU
Kabar Kampus

USU Gelar Talkshow Seputar PIMNAS dan Pameran Poster Terbuka

Oleh: Muhammad Fadhlan Amri

Suara USU, MEDAN. Salah satu rangkaian kegiatan PIMNAS Ke-34 yang terbuka untuk umum dan bisa dirasakan secara langsung adalah pameran 735 poster peserta PIMNAS Ke-34. Kegiatan gelar wicara kali ini menghadirkan Rektor USU Muryanto Amin, Ketua Dewan Juri PIMNAS Ke-34 Nuni Gofar, dan juga Asep Sukmayadi yang merupakan PLT Ketua Puspresnas.

Muryanto Amin mengungkapkan bahwa semua karya yang mencapai tahap PIMNAS kali ini merupakan pemenang. Dan PIMNAS kali ini memberikan tantangan baru bagi USU menurutnya.

“Semua karya yang ada disini, yang sudah tahap disini sudah jadi pemenang. Yang kita cari di PIMNAS ini adalah perkembangan. Tantangan di USU bagaimana bisa menulis PKM yang bisa memberikan dampak bagi masyarakat dan memberikan solusi,” ungkapnya.

Nuni Gofar, Ketua Dewan Juri kali ini pun turut menjelaskan apa itu PIMNAS. Dalam penjelasannya itu, perwakilan dari Universitas Sriwijaya ini menyampaikan bahwa PIMNAS ini merupakan ujung dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa.

“Saya jelaskan dulu ya apa itu PIMNAS, karena banyak adek-adek yang awam disini. Jadi PIMNAS itu merupakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. PIMNAS itu merupakan ujung dari Program Kreativitas Mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa itu ada 9 skema, nanti kalian lihat ini yang dipamerkan adalah poster-poster dari kegiatannya, ada PKM Kewirausahaan, riset, pengabdian masyarakat, IPTEK, itu anak-anak muda yang punya ide brilian boleh mengajukan ke PKM,” papar Nuni.

PLT Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menjelaskan bahwa PIMNAS memiliki aspek tertentu dalam pengembangannya. Dan diharapkan di PIMNAS ini, lahir ide-ide yang out of the box.

“PIMNAS adalah bagian dari 19 kegiatan pengembangan prestasi mahasiswa, dan yang terkompleks. Aspek tertentu terus kita kembangkan karena kita harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Mahasiswa harus kreatif. mahasiswa harus punya gagasan out of the box,” ucap Asep.

Diakhir gelar wicara, Asep berterimakasih kepada Rektor USU karena berhasil menampilkan karya-karya PKM yang begitu membanggakan.

“Berterimakasih pada Rektor yang sudah bisa mendisplay karya-karya yang begitu membanggakan. Ini adalah bagian eksplorasi sumber daya unggul mahasiswa kita. Diantara karya ini akan ada karya yang muncul menjadi penyelesaian masalah masyarakat,” pungkas Asep.

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

KOMPAS USU Adakan Oprec untuk Regenerasi, Ini Harapan Ketua Panitia

redaksi

Collabonation Tour Talent Hunt, Ajang Tur Pencarian Bakat Bagi Pengguna IM3

redaksi

Pendaftaran The 2nd International Conference on Physics and Applied Physics 2023 Sudah Dibuka

redaksi