SUARA USU
Entertaiment Kabar SUMUT

Wisata Tersembunyi, Pemandian Air Soda Berastagi

Oleh: Gracyan Eukario dan Angelius Nababan

Suara USU, Medan. Berastagi ialah salah satu kota wisata yang sering dikunjungi oleh anak muda untuk self-healing. Berastagi identik dengan wisata-wisata menarik nya seperti wisata kebun strawberi, pabrik susu, penatapan, dan pemandian air panas belerangnya. Tapi tahukah kamu, kalau Berastagi juga memiliki wisata lainnya yang tak kalah menarik, dan dapat dikatakan langka?

Wisata ini ialah wisata pemandian air soda. Objek Wisata Pemandian Air Soda ini termasuk kedalam Kawasan Taman Wisata Alam Lau Debuk Debuk, Kabupaten Karo. Sejak dahulu, Lau Debuk-Debuk terkenal dengan pemandian Air panas belerang, karena terletak tepat dibawah Gunung Sibayak.

Wisata pemandian air soda dapat dikatakan sebagai wisata yang langka. Di Sumatera Utara sendiri, Pemandian Air Soda hanya didapati di daerah Tarutung sampai di tanah karo mulai memanfaatkan mata air soda yang dimilikinya. Pemanfaatan mata air ini menjadi wisata pemandian dimulai pada tahun 2020.

Pemanfaatan Mata Air Soda ini dilakukan dengan konsep yang mirip dengan Mata Air Belerang yang terdapat di TWA Lau Debuk-Debuk. Kendati demikian, usaha pemandian air soda ini dapat dikatakan memikat hati para wisatwan yang tentunya memiliki rasa penasaran terhadap Pemandian Air Soda ini. Pemandian Air Soda di Taman Wista Alam Lau Debuk-Debuk dapat dikatakan sebagai pemandian yang masih kental dengan keindahan alam. Disekitar Pemandian masih dikelilingi oleh Hutan dari Taman Wisata Alam Lau Debuk-Debuk. Sekeliling kolam yang masih hutan ini menyebabkan suasana nampak asri.

Untuk masuk kedalam pemandian, kamu harus membayar uang tiket sebesar Rp 5.000,-
(5 lima ribu rupiah). Harga ini termasuk kategori yang masih murah untuk sebuah pemandian air soda yang masih dikelilingi dengan keindahan alam. Pemandian Air Soda ini juga membuat tempat khusus dimana mata air soda yang ditemukan dilarang untuk mandi disana. Dibentuk sebuah tempat sebagai tanda para masyarakat menghormati mata air dari air soda ini.

Berastagi merupakan kota wisata yang memiliki beragam keunikan. Sudah banyak orang memiliki kisah tersendiri mengenai berastagi, baik kisah diri sendiri maupun bersama orang yang disayang. Patutnya kita kembangkan dan juga jaga wisata yang ada disana, agar seluruh generasi masih dapat merasakan kisah yang mungkin sama dengan kisah kita saat ini tentang berastagi.

Redaktur: Theresa Hana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara 2024 Kembali Adakan Pendaftaran Terbuka

redaksi

Pergelaran Seni Budaya Simalungun, Melek Budaya Ala IMAS USU

redaksi

Vaksin Kanker Serviks Gratis Menjadi Kabar Baik Tahun Ini

redaksi