SUARA USU
Buku

Aberasi, Penyimpangan Bukan Pengkhianat

 

Oleh : Tania A. Putri

Suara USU, MEDAN. “Sebenarnya, yang menciptakan definisi kenormalan itu kan manusia, bukan Tuhan.” Aberasi berarti penyimpangan dari yang normal. Cerita ini memuat perspektif lain bagaimana manusia menjalani kehidupan di luar standar dan stereotip yang berlaku di masyarakat.

Diceritakan tokoh utama bernama Nolan, seorang laki-laki yang baru diterima kerja sebagai Marine Science Technician di Virginia, Amerika. Selama menjalani kehidupan di negara yang tergolong ‘bebas’, Nolan menemukan perspektif baru perihal hal-hal yang selama ini dianggap tabu, misalnya perihal mempercayai Tuhan sebagai warisan ataupun perihal seks dan pernikahan.

Komitmen sahabat-sahabatnya yang tergabung dalam geng ‘Jomblo Raos’ untuk kembali ke Indonesia dalam kondisi perjaka menjadi awal mula bagaimana banyak pertanyaan berkecamuk di kepalanya. Tentang mengapa bukan hanya perempuan yang harus menjaga diri. Tentang mengapa perokok dan pengguna tato dilabeli sebagai ‘bad boy’. Tentang pendidikan dan kodrat seorang perempuan. Bahkan, tentang eksistensi Tuhan di tengah ketidakadilan.

Nolan yang selalu berpatokan kepada scientific references perlahan memahami bahwa di dunia ini bukan hanya soal nyata, tetapi yang tidak nyata belum tentu tidak ada. Pertemuannya dengan Kartini, seorang perempuan muslim berpendidikan tinggi yang berusia lebih tua darinya, mampu melahirkan perasaan dan pemahaman yang tidak pernah ia sangka sebelumnya. Kartini membuatnya mengerti bahwa ada banyak manusia yang mempersulit hidup dengan menarik kesimpulan dari variabel-variabel yang belum diproses hingga bertemu hasil, namun berani menelannya mentah-mentah.

Tulisan ini memuat kisah mengenai sudut pandang lain terhadap peristiwa yang terjadi dalam hidup. Pembaca akan diajak untuk berpikir kritis terhadap banyak peristiwa sederhana yang sering kali dianggap biasa. Meski begitu, pembaca tidak akan dibuat bosan karena cerita ini turut menyelipkan komedi dan kisah romansa di dalamnya. Selain itu, ada banyak quotes dan ilmu yang dapat dipetik dari cerita ini yang tentunya sangat menarik perhatian.

Aberasi merupakan seri disiden pertama karya Crowdstroia yang terdiri dari part prolog dan 21 part inti. Di Wattpad, cerita ini sudah dibaca lebih dari 2,24 juta kali dan akan segera diterbitkan.

 

Redaktur : Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Chicken Soup For the Soul: Waktunya Berkembang, Ramuan Kisah Untuk Refleksi Diri

redaksi

Ronggeng Dukuh Paruk: Membuka Kembali Sejarah Gerakan 30 September 1965 Dalam Sudut Pandang Berbeda

redaksi

Please Look After Mom: Sudahkah Kita Mengenal Ibu Selama Ini

redaksi