SUARA USU
Kabar SUMUT Life Style

Belum Banyak yang Tahu, Ini 12 Zodiak Unik Versi Batak

Oleh: Afrahul Parinduri

Suara USU, MEDAN. Zodiak atau ilmu perbintangan menjadi salah satu topik yang tidak ada habisnya, terutama di kalangan remaja. Seperti yang kita tahu, perbintangan ini berasal dari bahasa Yunani yaitu zodiakos kyklos. Namun, tak hanya Yunani, ternyata Suku Batak juga mempunyai zodiak yang bernama Parmesana Sappuludua.

Parmesana Sappuludua sudah ada sejak lama. Perhitungannya juga mirip dengan zodiak pada umumnya. Namun, zodiak ini dihitung dengan menggunakan kalender Batak atau biasa dikenal dengan Parhalaan. Rasi bintang versi Batak ini memiliki 12 nama nama zodiak yang sangat unik dengan berbagai arti.

  1. Marumba

Orang yang lahir direntang tanggal 9 Februari – 10 Maret dilambangkan dengan simbol hudon atau dalam Bahasa Bataknya adalah Marumba. Zodiak ini biasanya memiliki sikap sosial yang amat tinggi. Artinya, orang yang memiliki zodiak ini sangat mudah menyesuaikan diri atau bergaul dengan orang lain disekitarnya. Tak hanya itu, mereka yang termasuk kedalam lingkaran zodiak ini biasanya memiliki banyak ide. Namun, zodiak ini memiliki kekurangan seperti pelupa, bahkan zodiak ini juga dianggap sering ingkar janji.

  1. Mena

Mena adalah zodiak untuk orang yang lahir direntang tanggal 11 Maret – 12 April. Zodiak Mena ini, memiliki simbol yang berlambangkan ikan. Mena dianggap memiliki sifat yang suka mengalah, suka bergaul, lincah, namun pelit. Karakter dari Mena sendiri adalah ia tidak suka keributan sebaliknya, ia sangat mendewakan perdamaian.

  1. Gorda

Orang yang lahir pada tanggal 13 April – 14 Mei memiliki simbol zodiak yang berupa Gorda atau Kambing. Zodiak ini memiliki wawasan yang luas, suka tantangan yang baru, tapi sedikit cengeng nih  friends. Selain itu, Gorda juga memiliki sifat positif yaitu nggak gampang nyerah. Makanya,  jika Gorda menjadi seorang pemimpin, jangan heran deh bisa sukses hihi.

  1. Marsoba

15 Mei sampai 16 Juni adalah tanggal lahir untuk orang yang masuk kedalam ruang lingkup zodiak ini. Seperti halnya kupu kupu, orang yang berzodiak marsoba ini dianggap memiliki sifat yang sabar, telaten, sayangnya lelet banget. Eitsss…. biarpun lelet, ternyata Marsoba memiliki sex appeal yang tinggi loh! Tak hanya itu, Marsoba juga pandai dalam berhemat. Namun, ketika marsoba ingin membeli sesuatu yang sangat ia inginkan, ia bisa gampang boros. Jangan gitu ya Marsoba! Zodiak ini dianggap juga memiliki sifat yang rapuh, dan sangat frustasi ketika ia sedang marah.

  1. Nituna

Zodiak berlambang cacing ini jatuh kepada orang yang lahir direntang tanggal 17 Juni – 18 Juli. Orang yang berzodiak Nituna ini, biasanya plin – plan atau pendiriannya suka berubah ubah. Memiliki kesamaan dengan Gorda, Nituna juga menyukai tantangan tantangan baru. Maka dari itu, mereka memiliki wawasan yang luas.

  1. Makara

Zodiak ini untuk orang yang lahir pada rentang tanggal 19 Juli – 20 Agustus. Urutan ke-enam zodiak ini dilambangkan dengan kepiting. Pasalnya, orang yang berzodiak ini memiliki perasaan yang halus dan suka menyendiri. Makara memiliki beberapa sikap yang positif, diantaranya, mereka adalah orang yang penyayang kepada binatang, Tenang, selain kepada binatang, Makara juga memiliki sifat yang tulus kepada pasangannya. Bahkan, kalau mereka sudah sayang kepada seseorang, bisa jadi mereka nggak rela untuk melepaskannya. Hidup orang yang berzodiak ini, biasanya simple banget dan nggak suka menghambur hamburkan uang. Makara keren yaaa!

  1. Babiat

Leo dan Babiat mempunyai lambang  yang sama yaitu Singa. Lambang ini cocok untuk orang yang lahir pada tanggal 21 Agustus – 22 September. Orang yang berzodiak ini memiliki sifat yang tempramen, tapi gampang kok redanya. Sisi positif dari zodiak ini adalah mereka dianggap pemberani, jujur, dan berterus terang. Sikap inilah yang membuat orang lain tertarik dengan Babiat.

  1. Hania

Hania adalah zodiak versi batak untuk orang yang lahir pada tanggal 23 September – 24 oktober. Lambang dari zodiak Hania adalah burung yang memiliki arti baik dan suci. Orang yang ber-zodiak ini bisa menjadi sangat kritis. Ketika ada yang menarik perhatian Hania, mereka langsung mengejarnya hingga bener – bener mengerti. Selain itu, Hania tidak begitu suka menjadi pusat perhatian, mereka lebih suka dibelakang layar. Orang yang berzodiak Hania ini, juga memiliki insting yang sangat kuat. Makanya, jangan main – main sama Hania yaaa!

  1. Tola

Urutan ke-sembilan dari zodiak ini dilambangkan dengan Pohon Tola. Untuk orang yang memiliki zodiak ini sendiri, lahir pada tanggal 25 Oktober – 26 November. Zodiak ini memiliki sifat mudah tersinggung, plin-plan, dan lama banget kalau disuruh ambil keputusan. Mereka yang ber-zodiak ini juga sulit untuk menyesuaikan diri karena memang orangnya yang tertutup. Namun, kelebihan zodiak ini adalah suka sekali bergaya modis.

  1. Martiha

Setelah Tola, terbitlah Martiha. Zodiak berlambang batu ini hanya untuk orang yang lahir pada tanggal 27 November – 28 Desember.  Sesuai dengan lambangnya, orang ber-zodiak ini memiliki sifat yang keras, namun memiliki semangat yang kuat serta ulet.  Martiha juga termasuk orang yang sedikit tertutup, maka dari itu ia tidak terlalu suka bercanda.

  1. Dano

Dano adalah sebutan zodiak ala Batak untuk orang yang lahir pada tanggal 29 Desember – 30 Januari. Zodiak ini dilambangkan dengan air. Biasanya, orang yang termasuk kedalam zodiak ini memiliki jiwa sosial yang tinggi dan mereka termasuk orang yang berani mengambil risiko. Tak hanya itu, Dano juga termasuk tipe yang rajin dan teliti loh. Sayangnya, mereka yang ber-zodiak Dano kadang suka menyombongkan dirinya.

  1. Harahata

Zodiak terakhir ini untuk orang yang lahir pada tanggal 31 Januari – 8 Februari. Untuk lambangnya, zodiak ini dilambangkan dengan katak. Dikenal sebagai orang yang takut mengerjakan sesuatu, tapi tidak gampang menyerah. Sikapnya positif, tapi itulah yang menjadi boomerang bagi dirinya sendiri. Mereka yang berzodiak ini, kerap gampang percaya dengan omongan orang lain.

Itulah 12 zodiak unik milik warga Batak. Jadi, yang mana Parmesana Sappuludua milikmu?

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Implikasi Nilai Luhur Pancasila Dalam Wisata Budaya

redaksi

Korupsi Beasiswa Oleh Mahasiswa?

redaksi

Pakai Sunscreen Setiap Hari, Penting Gak Ya?

redaksi