SUARA USU
Featured

Berikut Manfaat Tepuk Tangan yang Wajib Kamu Ketahui

https://www.freepik.com/vectors/background
https://www.freepik.com/vectors/background

Penulis: Okto Situmeang

Suara USU, MEDAN. Mungkin sebagian besar dari kita masih menganggap sepele dan belum mengetahui manfaat besar yang akan diperoleh ketika kita bertepuk tangan. Tangan merupakan organ yang memiliki peran besar dalam tubuh manusia, pada tangan terdapat titik tekanan yang langsung terhubung dengan organ-organ penting dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, tepuk tangan dapat dijadikan sebagai salah satu terapi dalam menyembuhkan penyakit yang serius tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, bahkan dapat anda lakukan setiap hari, kapan dan dimana saja. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan anda peroleh pada saat bertepuk tangan :

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Apabila anda bertepuk tangan minimal dua puluh hingga tiga puluh menit sehari, ternyata sangat berperan besar dalam membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan membantu memperlancar arus sirkulasi darah ke arteri dan vena. Dengan lancarnya peredaran darah, maka secara otomatis dapat membantu menambah energi dalam tubuh dan membantu menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Meringankan Radang Sendi

Dengan Bertepuk tangan juga memiliki manfaat yang baik bagi penderita arthritis. Hal ini disebabkan karena tekanan pada kedua tangan merangsang titik-titik refleksi yang membantu meredakan nyeri sendi, nyeri punggung dan leher. Jadi bagi anda yang memiliki keluhan seperti ini, disarankan untuk mencoba melakukan tepuk tangan.

3. Mengatasi Masalah Penyakit Paru-Paru

Bertepuk tangan dapat membantu dalam melancarkan aliran oksigen dan darah ke paru-paru, sehingga hal ini sangat berpengaruh untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti asma dan penyakit paru-paru lainnya. Jadi bagi kamu yang sedang memiliki permasalahan pada paru-paru, tidak ada salahnya untuk mencoba terapi tepuk tangan.

4. Mengatasi Tekanan Rendah

Bagi kamu yang menderita tekanan rendah, bertepuk tangan sangat disarankan untuk membantu mengatasi penyakit ini karena dapat meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh. Hal ini berperan besar dalam memulihkan tekanan darah menjadi normal.

5. Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Manfaat lain dari tepuk tangan juga dapat dirasakan oleh kamu yang mengalami masalah pada sistem pencernaan. Setiap gerakan tepuk tangan dapat membantu memperlancar saluran pencernaan dan membantu memperlancar proses buang air besar karena racun-racun dalam tubuh akan terdorong keluar.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan/Imun Tubuh

Pada umumnya, penyebab dari rendahnya daya tahan tubuh karena proses sirkulasi darah yang kurang lancar dan adanya masalah pada bagian dalam tubuh. Bertepuk tangan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan lancarnya proses sirkulasi darah, maka proses metabolisme dalam tubuh akan semakin baik sehingga daya tahan tubuh pun akan meningkat.

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Berwisata dan Belajar Sejarah di Rumah Tjong A Fie

redaksi

Bencana, Penyebab Banjir, dan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

redaksi

41 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Lulusan Paket C Ikut Sosialisasi dan Promosi UT bersama KBRI Singapura

redaksi