SUARA USU
Kabar Kampus

BTM Aladdinsyah, S.H. Mengukir Jejak Positif dengan Mengadakan Kegiatan SIDANG 2023/2024

Oleh: Cahya Muty Salsabila

Suara USU, Medan. Badan Ta’mirul Musholla (BTM) Aladdinsyah, S.H. Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) mengukir cerita positif melalui keberhasilan pelaksanaan kegiatan SIDANG selama dua hari berturut-turut, yakni pada tanggal 23 hingga 24 Desember 2023. Dengan tema “Membentuk Generasi Z yang Berintegritas, Berkualitas, serta Unggul dan Berakhlak Mulia”, acara ini memberikan pengalaman mendalam bagi para peserta SIDANG Badan Ta’mirul Musholla (BTM) Aladdinsyah, S.H. Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU).

SIDANG sendiri merupakan singkatan dari Studi Islam dan Pengenalan, merupakan wahana bagi mahasiswa/i muslim Fakultas Hukum USU untuk mengenali diri sendiri dan berbaur dengan lingkungan melalui interaksi dan sosialisasi. Acara ini dirancang untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, serta memberikan pemahaman tentang materi keislaman dasar.

Kegiatan SIDANG memiliki beberapa tujuan mulia, antara lain meningkatkan keimanan, memberikan pengalaman keislaman dasar, membentuk pengenalan diri yang kompeten, membangun sikap dan sifat berakhlakul karimah, serta mempererat silaturahmi dan ukhuwah islamiah. Harapan dari kegiatan ini adalah menjadikan mahasiswa/i yang berakhlakul karimah dan mampu menjadi pemimpin yang adil, jujur, dan bertanggung jawab.

M. Akbar Ilanza Pohan selaku Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan SIDANG Tahun 2023/2024 mengatakan, “Kegiatan ini juga merupakan salah satu aspek tarbiyah atau pembinaan, dimana aspek tarbiyah dalam suatu lembaga dakwah khususnya BTM mempunyai porsi yang cukup besar dalam meningkatkan kualitas berupa peningkatan tsaqofah dan akhlak seorang muslim.”

Ia juga menuturkan harapannya terkait kegiatan SIDANG ini, “Dengan adanya kegiatan SIDANG ini, diharapkan para peserta dapat mengetahui bagaimana berperilaku sebagai seorang muslimin dan muslimah yang baik, dapat mengenali diri mereka dan mengetahui bagaimana cara agar menjadi individu yang lebih baik lagi terutama dari aspek spiritual, dan juga mengembangkan paradigma berpikir peserta dengan berdasarkan Al-Qur’an dan hadist.”

Sebagai peserta SIDANG, Nadya Aulia Utari menyampaikan kesan yang tak terlupakan. Pada hari pertama, pesan-pesan luar biasa dari pemateri menciptakan pengalaman berharga, bukan hanya seputar organisasi, tetapi juga mengenai nilai-nilai yang dapat dikembangkan oleh mahasiswa dalam pengembangan diri. Hari kedua yang penuh keceriaan dan hujan tak menyurutkan semangat. Outbound tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga membangkitkan kebersamaan dan kerja sama tim melalui serangkaian games. “Acara SIDANG ini juga sebagai kegiatan refreshing pikiran setelah melaksanakan UAS selama 2 minggu,” ungkap Nadya seraya tertawa.

Salsabila Usmalufthi Diniya turut menambahkan bahwa acara ini memberikan kesan positif terhadap para peserta. “Dalam mengadakan acara ini banyak effort yang dilakukan oleh para panitia untuk melancarkan acaranya sehingga para peserta merasa nyaman. dan semoga kegiatan serupa terus dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Dari perspektif peserta, terlihat bahwa kesan yang dihasilkan sangat positif. Mereka merasa mendapatkan banyak manfaat, pengetahuan baru, dan pengalaman berharga. Terlihat bahwa panitia dengan ramahnya telah berhasil menciptakan atmosfer yang mendukung pembelajaran dan kebersamaan.

Dari keseluruhan pengalaman SIDANG, tergambar pesan inspiratif untuk generasi muda. Belajar tidak hanya seputar teori, tetapi juga tentang membentuk karakter, kebersamaan, dan pengenalan diri. BTM Aladdinsyah, S.H. melalui kegiatan ini, telah berhasil membawa semangat keislaman dan pengembangan diri kepada mahasiswa muslim Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

SIDANG tidak sekadar sebuah acara, tetapi merupakan perjalanan pengembangan diri dan pemahaman akan nilai-nilai Islam. Generasi Z yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan mampu menjalani kehidupan dengan integritas, kualitas, dan kepemimpinan yang unggul, sekaligus membawa akhlak mulia sebagai landasan utama.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Gencarnya Persiapan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Lingkungan Kampus Universitas Sumatera Utara

redaksi

Pelantikan Pengurus dan Halal Bi Halal UKMI Al-Ilmi FIB USU Menjadi Langkah Awal Para Kader dalam Berdakwah

redaksi

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, IMF Gelar Sosialisasi Kompetensi Nasional dan Internasional

redaksi