SUARA USU
Kabar Kampus

Car Booth Sale USU, Belajar Wirausaha Lewat Pengalaman Nyata

Reporter : Jesika Yusnita Laoly

Suara USU, Medan. Selama dua hari berturut-turut, area parkiran Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dipadati oleh mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan Car Boot Sale. Acara yang berlangsung pada tanggal 29 dan 30 Mei 2024 ini diadakan mulai pukul 09:00 WIB hingga 16:00 WIB. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Kewirausahaan (MKU) yang diikuti oleh para mahasiswa untuk mengasah keterampilan dan pengalaman mereka dalam bidang kewirausahaan.

Athaya Yumma Fitria, salah satu mahasiswi yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut, membagikan pengalamannya dalam sebuah wawancara. Ia mengungkapkan bahwa latar belakang dan motivasi utama mereka mengikuti Car Boot Sale adalah untuk menyelesaikan tugas mata kuliah kewirausahaan. “Motivasi kami didapat dari dosen yang memberikan dorongan agar kami memahami langkah demi langkah dalam berwirausaha,” ujar Athaya.

Persiapan yang dilakukan oleh Athaya dan timnya cukup matang. Mereka membeli bahan-bahan dan membuat kerajinan tangan dari rumah. Produk yang mereka jual berupa gelang, cincin, dan strap phone yang semuanya terbuat dari manik-manik atau beads. “Produk yang kami jual ini kami buat sendiri,” jelas Athaya.

Respon dari pengunjung terhadap produk-produk mereka sangat positif. “Banyak yang datang untuk melihat-lihat, membeli, dan ingin custom apa yang ada di dalam pikiran mereka,” tambahnya. Manfaat terbesar yang dirasakan Athaya dan timnya adalah peningkatan kepercayaan diri dan perubahan pola pikir dalam kewirausahaan. “Sekarang kami juga mempertimbangkan bagaimana mengatasi kerugian dan siap menerima kritik serta saran dari customer,” ujarnya.

Acara ini juga mendapatkan tanggapan positif dari pengunjung. Muthia Sari, salah satu pengunjung, merasa sangat menikmati berbelanja di event ini. “Seru banget sih, selain itu juga banyak pilihan makanan yang mau dibeli, bahkan ada juga yang menjual aksesoris seperti gelang dan cincin,” katanya. Menurut Muthia, harga-harga di acara ini cukup terjangkau dengan makanan dan minuman yang dibanderol mulai dari Rp 10.000,00 hingga barang seharga Rp 3.000,00.

Meskipun acara ini dinilai sukses, Athaya memberikan beberapa saran untuk penyelenggara agar acara berikutnya bisa lebih baik lagi. “Saran untuk penyelenggara, agar tetap memberi instruksi pada hari kedua supaya kami tidak kebingungan pulangnya pukul berapa,” katanya.

Car Boot Sale di Gelanggang Mahasiswa USU ini tidak hanya menjadi ajang untuk menyelesaikan tugas kuliah, tetapi juga memberikan pengalaman berharga dalam berwirausaha dan pengembangan diri bagi para mahasiswa USU yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

Redaktur : Evita Sipahutar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pilkada, Pandemi, dan Bahaya yang Menanti

redaksi

Mahasiswa EP Adakan Bakti Sosial Bertema Sharing, Loving, and Caring (SAVING)

redaksi

Paguyuban IMIB USU Sukses Adakan Pelatihan Softskill Desain Grafis

redaksi