SUARA USU
Agenda Kabar Kampus

Edu-Aksi Kedua, Departemen Pengabdian Masyarakat PEMA Psikologi USU Adakan Donasi Buku Terbuka!

Oleh: Muhammad Dava Farhan

Suara USU, Medan. Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Fakultas Psikologi USU, melalui Departemen Pengabdian Masyarakat akan kembali melaksanakan kegiatan Edu-Aksi. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah Cerdas, Jalan Flamboyan Raya, Tanjung Selamat Medan.

Edu-Aksi merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat (PEMAS), PEMA Fakultas Psikologi USU. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa Sekolah Dasar, hingga membantu dalam penyediaan kebutuhan atau fasilitas yang diperlukan sekolah tersebut.

Berbeda dengan sebelumnya, di pertemuan yang kedua ini PEMAS melaksanakan kegiatan open donasi buku. Yasmin Muthia, selaku Ketua Panitia kegiatan Edu-Aksi mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan donasi buku ini dikarenakan sekolah yang akan dituju tidak memiliki perpustakaan dan tidak memiliki koleksi buku yang lengkap.

“Sekolah yang kami tuju tidak memiliki perpustakaan dan tidak memiliki koleksi buku di sekolahnya. Maka, kami membuka donasi buku agar nantinya buku yang terkumpul dapat disumbangkan kepada sekolah tersebut. Kami berharap dengan buku-buku yang terkumpul akan bisa menumbuhkan atau meningkatkan keinginan mereka untuk terus membaca dan belajar,” jelasnya, pada Minggu (14/11).

Yasmin juga mengatakan bahwa mereka menerima segala jenis buku, seperti buku dongeng, buku pengetahuan umum, dan buku cerita anak. Ia menambahkan bahwa buku yang didonasikan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan usia anak Sekolah Dasar.

“Pengumpulan buku akan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 19 November 2021, di Fakultas Psikologi USU. Semua yang ingin mendonasikan bukunya dapat menghubungi kami terlebih dahulu. Nantinya, buku yang kami terima akan disortir, dengan tujuan agar kami menerima buku yang terbaik, serta konten buku yang sesuai dengan usia anak SD,” papar Yasmin.

Lebih lanjut, Yasmin menjelaskan bahwa kegiatan open donasi buku ini akan berlangsung selama 4 hari, dimulai dari tanggal 15 November hingga 19 November 2021. Kegiatan pengumpulan ini akan dibuka dan dilaksanakan di Fakultas Psikologi USU. Selain buku, ia juga menjelaskan bahwa mereka menerima donasi berupa uang, yang nantinya akan dipergunakan untuk membeli buku-buku baru lainnya.

“Kami juga membuka donasi berupa uang, yang nantinya uang tersebut akan dibelikan buku baru bagi adik-adik SD. Nah, setelah seluruh buku terkumpul, kami akan memberikannya kepada sekolah binaan kami, dalam hal ini adalah SD Cerdas, pada tanggal 4 Desember 2021. Buku yang disumbangkan sudah akan tersusun dengan baik di rak buku yang kami beli. Sehingga minimal adik-adik ini memiliki perpustakaan mini di sekolahnya,” jelasnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Yasmin berharap dapat menumbuhkan dan meningkatkan keinginan siswa untuk membaca buku. Dan juga dapat memperluas pengetahuan dan wawasan para siswa di sekolah yang mereka targetkan.

“Kami berharap buku yang disumbangkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan keinginan siswa SD cerdas untuk membaca. Dengan membaca mereka akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas,” tutupnya.

Bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan bukunya dapat disalurkan secara langsung, pada:

Tanggal: 15 November – 19 November 2021

Tempat: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

Atau, bagi teman-teman yang ingin melakukan donasi berupa uang, dapat disalurkan secara langsung, melalui:

  • BRI: 1332-01-001873-50-7
  • OVO: 085763943934
  • n/Adelia Evifania Ginting

Gunakan kode unik berikut saat mentransfer uang donasi.

  • Contoh: 50.001

Bagi teman-teman yang telah mengirimkan buku ataupun uang, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi kembali melalui nomor berikut:

Narahubung:

081265355450 (Yasmin Muthia)

085763943934 (Adel Evifania)

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

MENWA USU Adakan Open Recruitment, Kibarkan Jiwa Nasionalisme!

redaksi

Demi Mempererat Tali Silaturahmi, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Gelar Bukber Akbar Tahun 2024

redaksi

Adakan Gathering Offline, AeonWA Buka Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

redaksi