SUARA USU
Kabar Kampus

GenBI Sumut Beraksi Vol II, Ajak Milenial Pahami Pentingnya Memulai Investasi

Reporter: Indah Sri Rezeki

Suara USU, Medan. Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sumatera Utara Komisariat USU telah sukses menyelenggarakan webinar GenBI Belajar dan Mengedukasi (BERAKSI VOL II) yang mengusung tema “Pentingnya Melek Investasi Bagi Kaum Milenial di Masa Pandemi”, dengan menghadirkan dua narasumber yang sangat luar biasa, yaitu Justina Sirait selaku Direktur KSPM USU dan juga Arinda Wati Sipahutar selaku Asisten Manajer II — Hubungan Kelembagaan Pegadaian, pada Minggu (12/12/2021) melalui zoom meeting.

Webinar ini terbuka untuk umum dan juga dihadiri oleh GenBI dari berbagai universitas, serta turut hadir pula Poltak Sitanggang sebagai perwakilan dari Kantor Perwakilan BI Sumut. Ia membuka jalannya webinar dengan menyampaikan kata sambutan mengenai betapa pentingnya kaum milenial untuk memiliki mindset mulai berinvestasi, serta bijak dalam memilih wadah yang tepat sekaligus memahami dengan baik risiko yang ada.

“Sangat penting bagi kaum milenial, untuk mempunyai mindset mengenai pentingnya investasi. Pilihlah wadah yang memang sudah jelas keberadaannya dan tentu diawasi oleh OJK. Kalau untuk risiko pasti ada, tidak ada orang yang sukses tanpa merasakan jatuh bangun. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa bangkit dari kejatuhan tersebut,” ungkapnya.

Kemudian masuk ke sesi penyampaian materi oleh Justina Sirait selaku Direktur KSPM USU. Ia menyampaikan banyak sekali pemahaman kepada partisipan mengenai pentingnya melek investasi bagi kaum milenial.

“Investasi ini merupakan salah satu cara kita untuk mengalahkan inflasi, di mana kita selalu menghadapi ketidakpastian terhadap nilai mata uang, dan juga kita tidak akan tahu apa yang akan kita hadapi di masa depan. Untuk itu, memulai investasi sejak dini akan sangat membantu kita dalam mempersiapkan kemampuan finansial di masa yang akan datang,” jelasnya.

Sejalan dengan narasumber pertama, narasumber kedua, Arinda Wati Sipahutar selaku Asisten Manajer II — Hubungan Kelembagaan Pegadaian pun turut menyampaikan pentingnya investasi bagi kaum milenial ini. Ia menyampaikan bahwa kita sebagai kaum milenial yang mungkin belum memiliki penghasilan pasti, tetap bisa mulai berinvestasi, salah satu contohnya adalah dengan membeli emas.

“Seperti slogan Pegadaian, ‘beli emas sedikit-sedikit, sedikit-sedikit beli emas’, adik-adik kaum milenial yang memang belum mendapatkan pendapatan bulanan yang pasti tetap bisa melakukan investasi dalam bentuk emas, bahkan mulai dari angka Rp 10.000,-. Intinya adalah tetap ada pada mindset, di mana kita melakukan investasi sejak dini untuk masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Sebagai penutup dari webinar kali ini, kedua narasumber tersebut turut menyampaikan pesan bahwa tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi. Tidak perlu langsung memulai dengan jumlah yang besar, jumlah yang kecil sekali pun sangat berarti selagi kita konsisten dengan itu, serta pilihlah media investasi yang paling tepat dan cocok sesuai dengan manfaat dan kebutuhan masing-masing.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Program Studi Bahasa Mandarin Adakan Festival Budaya Tiongkok

redaksi

Pelantikan FOSKAMI PEMA USU, Ketua Umum Tegaskan Terbentuknya Ukhuwah Islamiyah

redaksi

Ketahui Berbagai Persiapan untuk Belajar di Luar Negeri Bersama Youth Today X Schoters by AIESEC in USU!

redaksi