Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

GMKI FH USU Adakan Justitia Training Sebagai Langkah Awarness Tindak Suap Menyuap

Oleh: Josephine C.L Siahaan/Marhaenis Clara

Suara USU, Medan. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) FH USU mengadakan Justitia Training pada 31 sampai 1 Juli yang dibuka secara umum di luar FH USU. Kegiatan Training ini merupakan sebuah program pelatihan penumbuhan sikap dan wawasan pentingnya menjadi pribadi anti penyuapan.

Selain sebagai wadah menumbuhkan sikap dan wawasan anti suap menyuap, kegiatan Training ini juga dinilai sebagai  pelatihan persiapan sebagai kader organisasi sekaligus kader mahasiswa hukum di Fakultas Hukum nantinya.

“Program Justicia Training  ini pertama kali dilakukan di GMKI FH USU, mengapa dinamai justicia training karena kita sebagai mahasiswa hukum akhirnya akan berkecimpung di dunia hukum, dan tentunya butuh pelatihan hukum, itulah mengapa muncul kata Justicia Training, yaitu pelatihan keadilan,” ungkap Bakti Simanjuntak, selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan Kader dan Kerohanian GMKI FH USU.

Dengan mengangkat topik anti penyuapan, kegiatan Justitia Training ini mengundang beberapa tokoh yang berkompeten di bidang Korupsi, diantaranya Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Profesional speaker dari lembaga deguru yang khusus mengajarkan sistem manajemen anti penyuapan dan juga salah satu senioran GMKI Fakultas Hukum USU, yang berasal dari KPK RI.

“Untuk rangkaian kegiatan yang dilakukan di Justitia training selain mendengarkan materi adalah dilakukannya  diskusi dalam bentuk studi kasus, membedah kasus kasus yang berkaitan dengan anti suap menyuap itu sendiri yang, untuk menutup itu semua ada rencana tindak lanjutnya, dimana setiap peserta diarahkan membuat mini video yang memberitahuakan pentingnya untuk menjadi pribadi anti penyuapan itu sendiri,” ungkap Gabriela Gexia Sihaloho, selaku Ketua Komisariat GMKI Fakultas Hukum USU.

Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan secara online ini diikuti oleh 62 orang peserta yang berasal dari berbagai kalangan diantaranya berasal dari kalangan mahasiswa Fakultas Hukum non anggota GMKI, dan juga kalangan mahasiswa dari luar Fakultas Hukum USU.

Redaktur: Yessica Irene

 

Related posts

Pembayaran Uang Wisuda di Masa Pandemi, Samakah?

redaksi

Almet hingga Bantuan Paket Internet, Benarkah USU Kampus “Ngaret?”

redaksi

Ini Harapan Ketua Baru HIMATIF USU

redaksi