SUARA USU
Life Style

Ingin Jadi Mahasiswa Aktif, Intip Tips Berikut Ini!

Oleh: Sari Rosa Jeli

Suara USU, Medan. Tentunya kita sebagai mahasiswa banyak berpikir mungkin kita harus menambah aktivitas setelah kuliah untuk menambah wawasan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, mungkin kita akan merasa seperti mahasiswa yang kurang kegiatan. Jika tidak kuliah online, mungkin kita adalah mahasiswa kupu-kupu atau yang sering disebut kuliah pulang – kuliah pulang. Sebenarnya, mahasiswa kupu-kupu itu juga memiliki banyak sisi positif, salah satunya adalah kita bisa berfokus hanya pada kuliah agar kita bisa menyelesaikan perkuliahan kita dengan mudah.

Mungkin banyak dari kita yang tidak ingin menjadi mahasiswa kupu-kupu. Masih bingung mau ngapain habis pulang kuliah atau jika  sedang memiliki banyak waktu luang? Nah, buat teman-teman yang  bingung ambil kegiatan diluar kuliah, simak yuk kegiatan apa saja yang bisa kita ambil untuk mengisi waktu dan menambah wawasan!

  1. Mengikuti Organisasi. Bagi kita mahasiswa, siapa sih yang tidak tahu apa itu organisasi? Baik organisasi luar kampus atau organisasi dalam kampus itu sama-sama bagus, lho. Salah satu bentuk organisasi adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Organisasi itu bisa menambah pengetahuan serta pengalaman kita dan juga menambah relasi.
  2. Usahakan Punya Banyak Teman untuk Di Ajak Bermain. Mahasiswa kupu-kupu itu biasanya mahasiswa yang memiliki sedikit relasi. Jadi, dia akan merasa malas dengan kesehariannya karena tidak punya teman untuk bermain. Dia hanya akan menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang bahkan dia tidak tahu apa yang dia lakukan. Jadi, kita sebagai mahasiswa butuh relasi untuk mengisi waktu luang. Selain itu, relasi juga bisa menambah keterampilah komunikasi, menambah kosa kata, dan juga memperbaiki kepribadian.
  3. Menulis. Menulis tidak diwajibkan untuk seperti jurnalis yang menulis berita, ya! Kita bisa menulis novel, menulis puisi, cerpen, atau apapun yang ingin kita tulis. Menulis itu bisa menyibukkan kita yang merasa sebagai mahasiswa kupu-kupu. Kita tidak harus menjadi mahasiswa kuliah rapat – kuliah rapat (kura-kura) agar tidak menjadi mahasiswa kupu-kupu. Yang terpenting itu, setidaknya kita memiliki aktivitas untuk memanfaatkan waktu luang.
  4. Traveling. Traveling itu bagus bagi kita para mahasiswa yang ingin mencari tambahan wawasan. Setidaknya, kita bisa berpikir lebih baik dan mengistirahatkan otak. traveling juga bisa membantu kita mengisi media sosial, lho! Apalagi bagi pecinta fotografi dan juga para mahasiswa yang ingin menjadi blogger. Jika kita merasa tidak punya dana untuk ini, kita bisa menabung. Traveling bagus juga untuk healing, lho. Apalagi setelah stres karena  tugas yang banyak. Setidaknya, traveling cocok untuk mengisi waktu luang diluar jam kuliah
  5.  Mengikuti Beberapa Kegiatan yang Diselenggarakan oleh Kampus. Nah, tips yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencari kesibukan dalam dunia perkuliahan. Karena, biasanya kegiatan-kegiatan kampus itu sangat menguntungkan bagi para mahasiswa.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh kampus biasanya memberikan banyak sekali pelajaran dan juga bisa mengisi waktu luang kita agar bermanfaat. Hal ini juga bisa menambah keterampilan dan relasi kita, lho! Tidak perlu mengikuti banyak aktivitas kampus, satu saja cukup. Asalkan kita benar-benar mengikutinya dan mengambil banyak manfaat dari dalamnya.

Redaktur : Valeshiaa Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Self Love Itu Bukan Selfish!

redaksi

Shio yang Diprediksi Beruntung di Tahun Naga 2024. Intip Shio Kamu!

redaksi

Penggunaan Skincare Tidak Memandang Gender

redaksi