SUARA USU
Kuliner

Ini Dia Hidangan Khas Lebaran, Yang Mana Favoritmu?

Penulis : Melati Putri

Suara USU, Medan. Lebaran selalu menjadi waktu yang dinantikan oleh umat Muslim. Di Indonesia, masyarakat memiliki kebiasaan menyambut lebaran dengan berkumpul bersama keluarga besar. Hari lebaran menjadi momentum tersendiri bagi umat Muslim untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga.

Kebersamaan lebaran selalu dirayakan dengan berkumpul dan makan bersama keluarga. Makanan lebaran selalu mewarnai dan menghidupkan suasana lebaran. Hangatnya makanan, sehangat kebersamaan keluarga menjadikan momen lebaran semakin indah dan sulit dilupakan. Menyediakan makanan tentu akan semakin menambah kehangatan saat lebaran.

Ada berbagai macam makanan yang bisa disediakan, seperti berikut ini :

  1. Ketupat

Sumber gambar : Doyan Resep

Ketupat tidak bisa lepas dari momen lebaran di Indonesia. Makanan khas lebaran yang satu ini merupakan makanan yang paling banyak diburu saat hari lebaran. Ketupat sebenarnya adalah nasi yang dimasak di dalam bungkusan sehingga memiliki bentuk lebih padat. Bahan utama ketupat adalah beras yang dimasukkan dalam anyaman janur atau daun kelapa muda berbentuk persegi empat.  Tradisi makan ketupat tersebar di seluruh Indonesia, apalagi setiap daerah punya cara makan ketupatnya masing-masing. Ketupat sudah menjadi bagian dari budaya makanan Indonesia.

  1. Lontong Sayur

Sumber gambar : Momylicious

Lontong adalah makanan yang dibuat dengan cara membungkus beras dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam. Lontong sayur ini merupakan sajian yang berisi lontong, yang biasanya dilengkapi dengan sambal kering yang dicampur dengan kacang tanah, tempe dan ikan teri. Selain itu, lontong juga berisi gulai dari sayur labu jipang yang dicampur dengan wortel dan kacang panjang.

Selain itu, di beberapa daerah, potongan lontong yang disajikan dengan sayur santan dan terkadang ditambah opor, telur balado, atau lauk lain, sangat digemari masyarakat. Lontong sayur ternyata banyak macamnya, beda daerah beda juga olahannya.

  1. Opor Ayam

Sumber gambar : Doyan Resep

Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam. Aroma santan yang dimasak bersama ayam dan rempah-rempah, benar-benar menghidupkan suasana lebaran. Kuah opor ayam yang kental dan kaya rasa akan berpadu nikmat dengan daging ayam yang empuk.

  1. Rendang

Sumber gambar : Masam Manis

Rendang ini dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga santan mengering dan bumbu teresap dengan sempurna. Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia. Makanan ini bahkan dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain. Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.

  1. Sayur Lodeh

Sumber gambar : What To Cook Today

Sayur lodeh adalah masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan.

  1. Nastar

Sumber gambar : Spoonful Passion

Selain makanan berat, kue kering juga banyak di cari saat hari raya lebaran. Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.

  1. Kastengel

Sumber gambar : Cookpad

Kastengel ini merupakan salah satu kue yang juga banyak di cari. Kastengel adalah kue kering andalan di hari raya Idul Fitri. Bersama kue kering lebaran lainnya seperti nastar dan putri salju, kastengel selalu tersaji di rumah-rumah yang sudah siap menyambut hari raya. Kastengel merupakan kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju.

  1. Kue Putri Salju

Sumber gambar : Eat Smarter

Kue yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya di beri taburan gula halus yang menjadikannya mirip salju. Putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega, dan kuning telur. Kue yang berbentuk bintang sabit satu ini memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang padat, sehingga sangat pas untuk dimakan bersama dengan keluarga.

Itulah beberapa macam makanan populer khas lebaran yang cocok dihidangkan saat lebaran. Momen lebaran selalu menyimpan cerita yang sangat unik dari mulai mudik, makanan khas hingga kudapan atau camilan khasnya. Favoritmu yang mana, nih?

 

Redaktur : Lita Amalia


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Winda Coffee Studio,Tempat Nongkrong untuk Semua Generasi

redaksi

Ikan Shisamo, Kuliner Favorit Cipung Miliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

redaksi

Tempe, Produk dalam Negeri yang Mendunia

redaksi