Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Sosok

Jiwa Berprestasi dalam Diri Deni Pohan

Pinar Agency

Suara USU, MEDAN. Muhammad Deni Kurniawan Pohan atau yang akrab disapa Deni Pohan merupakan seorang mahasiswa jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU). Saat ini Deni sedang menjalani perkuliahan di tahun terakhir dan sedang mengerjakan skripsi. Meskipun orang-orang berpikir bahwa biasanya mahasiswa tingkat akhir pasti sibuk dan kewalahan mengatur waktu, tetapi tidak dengan Deni. Ia masih bisa menyempatkan waktunya untuk berorganisasi, bahkan kepentingan sosial di luar kampus.

Deni merupakan sosok pria yang dapat mengatur waktunya dengan baik. Semua itu terlihat dari ia masih menduduki bangku SMA. Ketika SMA, ia telah aktif melibatkan diri dalam kegiatan organisasi dan perlombaan. Bahkan tak hanya ingin menjadi seorang anggota saja dalam organisasi, Deni pernah menjadi Ketua OSIS semasa SMA-nya. Selain itu, ia juga pernah terlibat dalam organisasi Paskibra sekolah dan sempat diutus untuk mengikuti lomba pengibaran bendera dan berhasil menjadi juara 2. Tidak hanya itu, untuk lebih mendalami ilmunya, Deni juga turut bergabung pada ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

Setelah berhasil melewati masa SMA, Deni pun tamat dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Selama masa kuliah, Deni sibuk untuk mengembangkan dirinya dan untuk bisa keluar dari zona nyaman. Ia pun mencari lingkungan yang tepat untuk dapat menggerakkan dirinya menjadi lebih baik lagi.

“Saya yakin kalau kita mau jadi orang hebat, mau jadi orang besar, kita harus dekati orang-orang yang hebat. Karena itu akan menularkan kita terhadap informasi-informasi kegiatan bermanfaat, seperti seminar, beasiswa, dan lomba. Bahkan semua yang didapatkan selama menjadi mahasiswa itu berkat relasi,” ucap Deni.

Beragam beasiswa serta prestasi pun mampu diraih oleh Deni. Beasiswa yang diterima, antara lain Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Rumah Kepemimpinan, Kemenristek-dikti, dan Pengganti Bidikmisi. Selain itu, prestasi yang diraih pun tidak hanya dari ajang nasional, tapi juga internasional. Ada juara 2 dalam lomba fotografi Photography Competition Power Plant Protection Fair (P3FAIR) USU tahun 2019, juara 1 lomba karya tulis ilmiah Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) oleh Institut Pertanian Bogor tahun 2018, dan peraih penghargaan silver International Festival on Green Technology (iFINOG) oleh Universitas Malaysia Pahang pada tahun 2019.

Kemudian pada tahun 2019 pula, Deni mengikuti ajang perlombaan Jaka Dara Kota Medan 2019. Jaka Dara sendiri merupakan sebuah ajang tahunan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan. Selama menjadi delegasi Jaka, Deni selalu mengasah kemampuan-kemampuan yang ia miliki. Hingga akhirnya, pria yang menguasai public speaking ini menjadi pemenang yang mendapat gelar penghargaan sebagai Jaka Intelegensia Kota Medan 2019 hingga sekarang. Sejak saat itu juga ia aktif mengikuti kegiatan Dispar Kota Medan yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Kota Medan dan meningkatkan pariwisata Kota Medan.

Meskipun masa-masa perkuliahan Deni sebagai mahasiswa akan segera habis, namun ia masih tidak berhenti untuk belajar hal baru. “Saya suka mencoba hal-hal baru, suka mengeksplorasi diri sendiri,” ujar Deni.

Deni pohan merupakan salah satu mahasiswa yang berhasil keluar dari zona nyamannya. Meski ia seorang mahasiswa saintek, tetapi dengan keyakinan dan kegigihannya dalam menimba ilmu, ia pun dapat menjadi seperti sekarang, yaitu seorang Jaka Intelegensia Kota Medan 2019 yang juga mahasiswa berprestasi.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Gus Dur: Gitu Aja Kok Repot

redaksi

Abdurrahim Arsyad: Komedian Yang Lantang Menyuarakan Ketidakadilan

redaksi

Che Guevara, Sang Komandante, Dokter dan Simbol Perlawanan Para Aktivis Kampus

redaksi